comscore

Lima Bendera GAM Berkibar di Aceh

Deny Irwanto - 04 Desember 2014 16:07 WIB
Lima Bendera GAM Berkibar di Aceh
Ilustrasi -- Antara/Ampelsa
medcom.id, Jakarta: Lima bendera simbol Gerakan Aceh Merdeka berkibar di Serambi Mekah, jelang ulang tahun gerakan separatis itu. Bendera bulan bintang itu dikibarkan Rabu (3/12/2014) malam.

Bendera tersebut ditemukan dalam patroli gabungan TNI dan Polri. Seketika, bendera tersebut diturunkan.
"Di Aceh Utara dua bendera dan tiga bendera di Aceh Besar," ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Ronny F Sompie, kepada Metrotvnews.com, Jakarta, Kamis (4/12/2014).

Menurut dia, ultah GAM yang jatuh pada hari ini tidak dirayakan secara besar-besaran. Polisi pun telah mengawal sejumlah acara doa bersama pada perayaan itu.

GAM merupakan organisasi yang dianggap terlarang di Indonesia. GAM dibentuk untuk melepaskan Aceh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wikipedia.org menyebut inisiator GAM, Hasan di Tiro, dan beberapa pengikutnya menyatakan perlawanan terhadap pemerintah RI di perbukitan Halimon, Kabupaten Pidie pada 4 Desember 1976. Konflik antara pemerintah RI dengan GAM terus berlangsung hingga pemerintah menerapkan status Darurat Militer di Aceh pada 2003. Bencana gempa bumi dan tsunami pada 26 Desember 2004 memaksa keduanya untuk kembali ke meja perundingan dengan mediasi pihak internasional.

Nota kesepahaman pun ditandatangani pada 15 Agustus 2005. Proses perdamaian itu dipantau oleh sebuah tim yang bernama Aceh Monitoring Mission (AMM) yang beranggotakan lima negara ASEAN dan beberapa negara Uni Eropa. Nota kesepahaman itu antara lain berisi, jaminan pemerintah Indonesia akan memfasilitasi pembentukan partai politik lokal di Aceh dan pemberian amnesti bagi anggota GAM.

(BOB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id