Jalur Evakuasi di Lereng Merapi Disiapkan

    Patricia Vicka - 20 November 2019 21:08 WIB
    Jalur Evakuasi di Lereng Merapi Disiapkan
    Jalur evakuasi dan lokasi kumpul evakuasi di Desa Umbulharjo. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
    Sleman: Aktivitas Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa tengah semakin meningkat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman menyiapkan jalur evakuasi untuk warga yang tinggal di sekitar lereng Merapi.

    Kepala Seksi Mitigasi Bencana BPBD Sleman Joko Lelono mengatakan pembangunan jalur evakuasi tersebar di beberapa titik yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) 3.

    "Kami turut bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat desa di KRB 3 dan desa di lereng Merapi," kata Joko di Sleman, Yogyakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Jalur evakuasi pertama ada di Kalitengah lor, Yogyakarta, panjang jalur evakuasi sekitar 400 meter. Jalur evakuasi lainnya berada di Desa Kepuharjo dan di Umbulharjo, Cangkringan.  

    "Kami buat jalur evakuasi dari kopi Merapi ke Tangkisan dan dari balai desa sampai ke Ngrangkah," imbuh dia.

    Pihaknya dalam proses membuat jalur evakuasi dari bungker Kali Adem ke arah Dusun Petung. Rambu- rambu dan papan petunjuk disepanjang jalur evakuasi turut dipersiapkan.

    Rambu tersebut adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), provinsi dan kabupaten Sleman. BPBD Sleman juga telah mengedukasi pemerintah dusun dan warga untuk siap mengevakuasi secara mandiri.

    "Desa sudah menyiapkan perangkatnya untuk bisa melakukan evakuasi mandiri sesuai SOP jika dalam kondisi darurat," jelasnya.

    BPBD Sleman bekerjasama dengan relawan dan kelompok jip untuk mengevakuasi mandiri. Saat kondisi darurat, semua pengelola jip bisa membantu evakuasi warga dan wisatawan 

    "Kami akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata akan memberikan sosialisasi ke pengelola wisata jip terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan jika terjadi bencana," tandasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id