Dana Desa di Sumsel Bisa Dipakai untuk Bencana

    Gonti Hadi Wibowo - 10 Januari 2020 11:25 WIB
    Dana Desa di Sumsel Bisa Dipakai untuk Bencana
    Banjir bandang di Kabupaten Lahat, Sumsel. Foto: Istimewa
    Palembang: Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumatra Selatan mengizinkan dana desa digunakan untuk menangani bencana di Bumi Sriwijaya. Aturan penggunaan dana desa untuk bencana telah tertuang dalam Permendes Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

    "Dana desa itu boleh digunakan untuk bencana, tetapi harus dianggarakan terlebih dulu seperti apa rinciannya. Jika tidak dianggarkan dari awal, dana desa tidak bisa digunakan untuk bencana," kata Kepala PMD Sumsel Yusnin, Jumat, 10 Januari 2020.

    Yusnin mengatakan pemanfaatan dana desa dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bencana dengan pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana prasarana di desa. Dia menerangkan dana desa di Sumsel pada 2019 dipakai untuk menangangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

    "Biasanya dana desa untuk di Sumsel belum pernah dianggarkan untuk bencana. Jika dana desa sudah dianggarkan dari awal tetapi desa itu tidak terkena bencana ya pasti mereka tidak bisa mencairkan uangnya sehingga sampai sekarang belum ada desa yang menggunakannya untuk bencana," jelasnya.

    Gubernur Sumsel Herman Deru menambahkan telah mendapat instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang membolehkan anggaran khusus untuk mengatasi bencana.

    "Jika Kabupaten/Kota membutuhkan bantuan maka dalam penanggulangan bencana maka akan kita bantu melalui anggaran yang tidak terbatas itu," tandasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id