WN Tiongkok Mendominasi Tangerang

    Hendrik Simorangkir - 19 September 2019 18:41 WIB
    WN Tiongkok Mendominasi Tangerang
    Pelaksana tugas (Plt) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Dodi Karnida.
    Tangerang: Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mencatat sebanyak 4.445 Warga Negara Asing (WNA) menetap di Tangerang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi WNA yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Tangerang Selatan, yang dicatat pekan lalu.

    Pelaksana tugas (Plt) Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Dodi Karnida, mengatakan WN asal Tiongkok yang tinggal dan bekerja di Tangerang masih mendominasi, dengan jumlah sebanyak 2.040 jiwa.

    "Untuk di Tangerang Raya memang mayoritas dari Tiongkok. Yang kedua WNA asal Korea Selatan mendominasi," ujar Dodi di Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis, 19 September 2019.

    Dodi menjelaskan kebanyakan dari warga negara asing tersebut tinggal di Tangerang sebagai tenaga ahli, lantaran kawasan Kabupaten Tangerang terutama Cikupa terdapat banyak industri dari Tiongkok.

    "Mereka mungkin sebagai tenaga kerja asing atau sebagai tenaga ahli, karena banyak proyek-proyek perusahaan Tiongkok di sini. Ada juga perusahaan Korea Selatan, kemudian India, Malaysia, Jepang, dan sebagainya," katanya.

    Ia menambahkan pihaknya akan rutin mengadakan pengecekan dan pengawasan kepada WNA yang bertempat tinggal dan bekerja di Tangerang. Beberapa sanksi tegas akan diberikan bagi WNA yang tidak taat peraturan berupa dokumen dan pelanggaran pidana.

    "Sanksinya ada dua, ada sanksi administrasi keimigrasian. Detensi (Tempat penampungan WNA) dulu ditahan lalu di deportasi dan kita ajukan datanya ke dalam daftar penangkaran untuk blacklist dan tidak boleh diajukan masuk ke Indonesia lagi," jelasnya. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id