Tak Semua Warga Terdampak Angin Kencang di Batu Mengungsi

    Daviq Umar Al Faruq - 21 Oktober 2019 14:49 WIB
    Tak Semua Warga Terdampak Angin Kencang di Batu Mengungsi
    Pengungsi di Balai Desa Punten, Kota Batu, Jawa Timur, Senin 21 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Daviq Umar al Faruq
    Batu: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Sasmito, mengatakan masih ada warga terdampak bencana angin kencang yang enggan mengungsi. Bencana terjadi pada Sabtu 19 Oktober hingga Minggu, 20 Oktober 2019.

    "Mobilitas pengungsi masih ada. Pengungsi itu ada yang tidak mau dibawa ke sini karena rumahnya masih kuat. Tapi begitu liat infrastruktur dan kebutuhan air listrik mati, lama-lama dia juga akan ingin keluar,' katanya kepada awak media, Senin, 21 Oktober 2019.

    Berdasarkan data awal BPBD Kota Batu, jumlah pengungsi sebanyak 1.216 jiwa. Namun, setelah dilakukan rekapitulasi ulang, pengungsi kini berjumlah 1.182 jiwa karena sebagian telah dijemput keluarganya.

    "Kami melakukan yang pertama penanganan pengungsi. Kami orientasikan ke penyelamatan jiwa dulu. Kita tampung, kita layani sesuai dengan kebutuhan dasarnya sambil melihat situasi di lapangan. Kalau memungkinkan kita segera menindaklanjuti dengan assestment untuk membuat kajian kebutuhan untuk menindak lanjut penanganan pasca bencana," jelasnya.

    Pihaknya masih belum bisa menghitung jumlah kerugian akibat bencana angin kencang. BPBD Kota Batu berencana melakukan penanggulangan pasca bencana.

    "Kita kerjasama dengan TNI-Polri, kita menganalisa segala kebutuhan. Kita menyediakan materialnya, teknis pelaksanaannya kita ramai-ramai TNi, Polri, masyarakat dan relawan," bebernya.

    Dia memastikan segera memperbaiki aliran air dan listrik. Pihaknya telah membentuk Desa Tangguh. 

    "Dengan harapan segera memulihkan dan menyesuaikan dengan bencana, bisa memfungsikan kembali fasilitas yang ada. Itu menjadi program BPBD," pungkasnya.

    Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Angin kencang muncul sejak Sabtu 19 Oktober 2019 pukul 23.30 WIB.




    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id