Sopir Trans Jogja Terlibat Kecelakaan Dipecat

    Ahmad Mustaqim - 01 Desember 2019 14:51 WIB
    Sopir Trans Jogja Terlibat Kecelakaan Dipecat
    Bus Trans Jogja yang terlibat kecelakaan dengan pengendara sepeda motor di Yogyakarta. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
    Yogyakarta: Pengelola bus Trans Jogja PT Anindya Mitra Internasional (AMI) memecat pengemudi bus Arif Himawan Suryadi, 32, yang menabrak pengendara sepeda motor di simpang empat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, pada Rabu, 27 November 2019. Selain Arif, pengelola juga memecat pramugara yang saat itu bertugas bersama Arif.

    “Kami sudah memecatnya (Arif dan pramugara),” kata Direktur Utama PT AMI, Dyah Puspita Sari, Minggu, 1 Desember 2019.

    Dyah menerangkan pemecatan didasarkan atas sejumlah pertimbangan. Salah satunya keterangan yang diberikan keduanya palsu soal peristiwa kecelakaan.

    Keterangan palsu, kata Dyah, terkait pernyataan keduanya yang membantah menerobos lampu lalu lintas. Pernyataan itu juga yang disampaikan Dyah kepada publik pascakecelakaan.

    "Persoalan ini sedang viral dan menyangkut reputasi, dia membuat reputasi Trans Jogja semakin memburuk," kata dia.

    Dyah mengaku sudah menyaksikan potongan gambar di media sosial saat kejadian kecelakaan. Dari video itu, ia menyebut ada nilai-nilai kerja yang dilanggar oleh Arif sebagai pengemudi.

    "Saya juga menyayangkan itu. Artinya, ini mentalitas pengemudi dia harus fokus dan saya lihat dia enggak fokus," ucapnya.

    Ia menambahkan penyampaian surat resmi pemecatan akan menunggu proses hukum di kepolisian hingga masuk ke pengadilan. Keputusan hakim pengadilan nantinya akan menguatkan langkah yang diambil direksi pengelola Trans Jogja.

    "Prinsip di PHK harus sesuai aturan hukum, tapi karena yang bersangkutan masih tersangka, kita menunggu sampai selesainya proses. Keputusan atas pelanggaran berat menurut ketentuan harus menunggu keputusan hakim," kata dia

    Bus Trans Jogja dengan nomor polisi AB 7837 AK sebelumnya menabrak pengendara sepeda motor Yamaha Aerox di simpang empat Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Rabu, 27 November 2019. Pengendara sepeda motor, Aji Pradana, 19, tewas dengan luka cedera di kepala.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id