comscore

Tawon Vespa, Menu Ekstrem Keluarga Pemburu Lebah

Clicks.id - 07 Maret 2021 18:48 WIB
Tawon Vespa, Menu Ekstrem Keluarga Pemburu Lebah
Salah satu olahan larva tawon vespa yang digemari keluarga Tridon dan masyrakat sekitar (Foto / Metro TV)
Ponorogo: Tawon vespa affinis atau yang sering disebut tawon ndas dikenal memiliki sengat yang berbahaya. Namun bagi keluarga Tridon Young Astami, tawon vespa diolah menjadi bermacam hidangan. Rasanya yang unik membuat kuliner ekstrem ini tetap digemari.

Banyaknya koloni lebah di sekitar tempat tinggalnya di Desa Manuk, Kecamatan Siman, Ponorogo membuat keluarga ini gemar menjadikannya bermacam hidangan. Salah satunya, hasil buruan tawon vespa affinis.
Tawon yang dikenal memiliki sengat berbahaya ini diambil sarangnya, kemudian diambil larvanya untuk dimasak. Setelah larva dipisahkan dari sarang, lalu dicuci hingga bersih dan siap untuk dimasak.

Nurul Hidayati, istri Tridon mengaku sejak dulu keluarganya gemar memasak larva tawon. Bermacam jenis olahan mereka coba. Rasanya yang unik membuat menu masakan ini terus digemari keluarganya.

Baca: Cara Mengobati Sengatan Tawon

"Larva ini ditumis pedas hingga garang asem," terangnya, melansir Clicks.id, Minggu, 7 Maret 2021.

Menurut Tridon, di sekitar rumahnya sering dijumpai koloni lebah. Agar tidak menggangu warga sekitar, koloni tersebut biasanya ia ambil ataupun dimusnahkan.

"Namun untuk mengambil sarang tawon ini harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman, sebab tawon jenis ini memiliki sengat yang berbahaya," katanya.

Larva lebah dikenal mengandung protein cukup tinggi, untuk itu perlu dibatasi saat mengkonsumsi makanan ini. Tak hanya kelurga Tridon saja, rasa unik larva tawon ini juga banyak digemari masyarakat sekitar.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id