comscore

Ganjar Kenang Sosok Mbah Dim Ulama yang Menyejukkan

Lukman Diah Sari - 10 Juni 2022 20:05 WIB
Ganjar Kenang Sosok Mbah Dim Ulama yang Menyejukkan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melawat ke melawat ke kediaman almarhum KH Dimyati. (Istimewa)
Kendal: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mustasyar PBNU dan Ketua Dewan Syura PKB KH Dimyati Rois (Mbah Dim). Ganjar menilai KH Dimyati merupakan sosok yang mengayomi dan memberi kesejukan. 

"Tentu sebagai yang di Jawa Tengah merasa sangat kehilangan tokoh yang mengoyomi semua orang, memberikan kesejukan, panutan," kata Ganjar dalam keterangannya, Jumat, 10 Juni 2022.
Ganjar menyampaikan momen saat dirinya sowan ke ulama karismatik Nahdlatul Ulama (NU) itu. Saat itu, kata Ganjar, pandangan politiknya dengan Mbah Dim berbeda. 

Namun, Ganjar merasa tidak ada jarak antara dirinya dengan Kiai Dimyati. Bahkan Ganjar merasa sebagai anak yang mendapat nasihat dari seorang ayah. 

"Petuah-petuah beliau selalu bikin adem, menyenangkan. Terlalu banyak (kenangannya) tapi yang jelas selau memberi nasihat yang membikin sejuk, itu selalu inget," tutur Ganjar.

Baca: Presiden Sampaikan Dukacita Wafatnya Mbah Dim

Ganjar menyebut banyak masyarakat yang takziah ke kediaman KH Dimyati. Dia menyebut para pelawat data dari berbagai daerah.

"Pasti (merasa kehilangan), sedemikian orang kumpul semua, ini bukan orang Jawa Tengah saja, se-Indonesia datang ke sini," ungkap Ganjar.

Ganjar pun turut mengikuti salat jenazah di Masjid Besar Al Muttaqin Kakiwungu. Ganjar bersama Gus Yusuf, Gus Baha, dan sejumlah ulama lainnya juga turut mengikuti proses pemakaman di lingkungan Pondok Pesantren Al Fadllu Wal Fadlilah 2 Brangsong, Kendal. 

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id