Wali Kota Solo Larang ASN Mudik

    Triawati Prihatsari - 10 April 2020 15:33 WIB
    Wali Kota Solo Larang ASN Mudik
    ASN hingga TNI/Polri Tetap Dapat THR dan Gaji ke-13 - - Foto: Antara/ Syaiful Arief
    Solo: Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo melarang mudik lebaran tahun ini bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota Solo. Larangan ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat untuk menekan penyebaran covid-19 (korona). 

    Menurut Rudy, sebelum adanya larangan dari pemerintah pusat, pihaknya telah menyepakati ASN Pemkot Solo tidak mudik lebaran demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. Pemkot langsung mengeluarkan instruksi.

    "Kami siap mengikuti instruksi itu. MenPAN-RB telah mengimbau ASN untuk tidak mudik. Kita sama," tegasnya, di Solo, Jumat, 10 April 2020.

    Ia menegaskan instruksi ini wajib dipatuhi oleh seluruh ASN. Sehingga tidak ada mobilitas warga keluar masuk ke Kota Solo selama pandemi covid-19. 

    "Pokoknya enggak pake mudik-mudik dulu tahun ini," bebernya.

    Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 41 Tahun 2020 yang merevisi Surat Edaran MenPAN-RB Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik bagi ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

    Aturan terbaru ini, adanya sanksi disiplin ASN yang nekat bepergian maupun pulang ke kampung halamannya. Aturan tersebut berlaku baik bagi ASN yang bekerja di instansi pusat dan juga instansi daerah.

    Pemkot Solo sendiri sampai saat ini tengah konsentrasi penuh menangani wabah virus korona dengan berbagai upaya. Salah satunya dengan menyiapkan lokasi karantina bagi pemudik. Setiap pemudik dengan KTP Solo wajib menjalani karantina di tempat yang telah disediakan oleh Pemkot Solo. 

    "Bagi yang "mbanggel" atau ngeyel, nanti dijemput Babinkamtibmas dan tenaga medis. Karantina selama 14 hari wajib," tegas Rudy.





    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id