57 Persen Dana Bagi Hasil Cukai Jepara untuk Kesehatan

    Rhobi Shani - 07 Februari 2020 15:21 WIB
    57 Persen Dana Bagi Hasil Cukai Jepara untuk Kesehatan
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mendapat dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH-CHT) sebesar Rp8 miliar. Sebanyak 57 persen akan dialokasikan untuk bidang kesehatan.

    Kepala bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Edy Marwoto, mengatakan penerimaan DBH-CHT tahun ini naik Rp1,3 milar. Tahun lalu Bumi Kartini hanya mendapat Rp6,7 miliar.

    "Dana bagi hasil cukai yang 57 persen akan dialokasikan untuk bidang kesehatan. Sisanya 43 persen untuk pembinaan industri, sosialisasi, dan penindakan," kata Edy di Jepara, Jumat, 7 Februari 2020.

    Sementara Kepala Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, penambahan DBH-CHT merupakan bentuk apresiasi atas sinergi yang telah terjalin baik. Kedepan pihaknya berharap pembinaan industri rokok dapat ditingkatkan.

    "Terutama industri rokok yang ada di Robayan. Bagaimana untuk lebih baik, kita juga akan bantu kemitraan dengan perbankan terkait permodalannya," kata Gatot.

    Di Kabupaten Jepara ada 29 pabrik rokok. Selain pabrik milik perusahaan rokok besar, juga beberapa industri rokok buatan tangan atau jenis (SKT). Baik golongan II maupun golongan III.

    Dalam waktu dekat, Pemkab Jepara akan menginventarisir industri-industri tersebut. Kamudian mengajak musyawarah bersama, antara pelaku industri, Pemkab Jepara, dan KPPBC Kudus.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id