Bapeten Terus Lakukan Dekontaminasi Radiasi di Tangsel

    Farhan Dwitama - 15 Februari 2020 11:28 WIB
    Bapeten Terus Lakukan Dekontaminasi Radiasi di Tangsel
    Warga mengamati lokasi paparan radioaktif di lahan kosong Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Sabtu, 15 Februari 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama
    Tangerang: Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) masih terus melakukan dekontaminasi paparan radioaktif pada lahan kosong di RW 4 Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu. Kota Tangerang Selatan, Banten.

    "Tim Batan telah melakukan kegiatan dekontaminasi tersebut dengan melakukan pengerukan tanah dan pemotongan pohon/tanaman dengan didampingi tim Bapeten. Material yang diambil, selanjutnya dikirim ke PTLR-BATAN untuk diolah lebih lanjut," kata Kepala Biro Hukum Kerjasama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, Sabtu, 15 Februari 2020.

    Indra menjelaskan berdasarkan pengukuran laju paparan setelah dekontaminasi, diperoleh hasil bahwa laju paparan menggalami penurunan yang signifikan. Meski begitu Indra mengakui paparan tersebut masih tetap di atas nilai normal. 

    "Sehingga proses dekontaminasi masih perlu dilanjutkan sehingga diperoleh nilai laju paparan kembali normal," jelas Indra.

    Menurut Indra penemuan titik paparan di lokasi tersebut bermula dari aktivitas pengujian fungsi unit Mona untuk melakukan pemantauan radioaktivitas lingkungan di area Jabodetabek.

    Pada 30-31 Januari 2020, Bapeten melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul, dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

    Secara umum nilai paparan radiasi lingkungan pada daerah pemantauan menunjukkan nilai normal (paparan latar), namun pada saat dilakukan pemantauan di lingkungan Perumahan Batan Indah, ditemukan kenaikan nilai paparan radiasi di area tanah kosong di samping lapangan voli blok J.

    "Atas dasar itu kemudian tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut di atas dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal," jelas Indra.

    Indra kembali mengatakan saat ini lokasi terpapar telah dipasangi garis pembatas agar masyarakat tidak mendekat dan melakukan aktivitas. "Demi keselamatan dan keamanan warga Perumahan Batan Indah, diimbau masyarakat melalui RT dan RW untuk tidak memasuki lokasi terdampak kontaminasi hingga batas trotoar dan lapangan voli," pungkas Indra.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id