comscore

Bank Jateng Gandeng KPK Tagih Kredit Macet

Mustholih - 28 Januari 2022 16:35 WIB
Bank Jateng Gandeng KPK Tagih Kredit Macet
Dir Wilayah III Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama. (Istimewa)
Semarang: Bank Jateng mengalami kredit macet senilai Rp700 miliar dari 35 debitur bermasalah. Komisi Pemberantasan Korupsi digandeng menjadi juru tagih terhadap 35 debitur Bank Jateng yang mengalami kredit macet.

"Ini yang kita utamakan untuk mereka dihadirkan dan kita memastikan sampai kapan mereka mampu bayar," kata Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama, Dir Wilayah III Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK, Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 28 Januari 2022.

 



Berdasarkan identifikasi KPK, terdapat dua kelompok debitur Bank Jateng yang bermasalah. Kelompok pertama merupakan debitur yang diduga kuat sengaja berbuat curang. Sedangkan kelompok kedua, debitur yang memang tidak mampu membayar karena pandemi covid-19.

Dari identifikasi ini, kata Bachtiar, KPK dan Bank Jateng berfokus menagih ke debitur yang diduga kuat sengaja berbuat curang. Namun, kata  Bahtiar, penagihan terhadap 35 debitur bermasalah tidak akan menggunakan pendekatan debt collector.

Baca: Laba Bersih Bank Jateng Capai Rp1,3 Triliun

"Kita membantu mengembalikan aset milik Bank Jateng, dalam tanda petik aset itu sebagian daripada yang bisa dikembangkan untuk berproses menjadi hasil deviden pada pemda. Jadi, bukan kita nagih kaya debt collector," jelasnya.

Direkrut Utama Bank Jateng, Supriyatno, mengaku kredit macet Bank Jateng mencapai Rp700 miliar. Itu pun baru pada kelompok debitur yang teridentifikasi diduga kuat berbuat curang.

Namun, kata Supriyanto, setelah menggandeng KPK, kredit macet Bank Jateng mulai diangsur oleh para debitur. Hingga kini, total angsuran telah mencapai Rp40 miliar.

"Setelah bank Jateng menggandeng KPK, kredit itu mulai diangsur setiap bulan. Sampai Januari 2022 ini, total angsuran sudah mencapai Rp 40 miliar,” jelas Supriyanto.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id