comscore

213 Pekerja Migran Positif Covid-19 Dirawat di RSKI Galang

Antara - 05 Januari 2022 14:42 WIB
213 Pekerja Migran Positif Covid-19 Dirawat di RSKI Galang
Dandim 0316/ Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan. (ANTARA/ Naim)
Batam: Sebanyak 213 orang pekerja migran Indonesia (PMI) yang terkonfirmasi positif covid-19 dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Data terakhir sebanyak 213 orang di RSKI," kata Ketua Satgas Khusus Pemulangan PMI Kota Batam yang juga Dandim 0316/Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Rabu, 5 Januari 2022.
Menurut dia, tidak ada peningkatan jumlah pasien penghuni RSKI Pulau Galang dalam beberapa waktu terakhir.

"Pasien yang dirawat di RSKI Pulau Galang memang terus mengalami fluktuasi, mengikuti jumlah pemulangan PMI ke Tanah Air," terangnya.

Ia menjelaskan identifikasi PMI terkonfirmasi covid-19 melalui pemeriksaan tes usap PCR dan antigen, setibanya mereka di Terminal Feri Internasional Batam Centre.

Baca juga: Gubernur Banten Wahidin Halim dan Buruh Tempuh Langkah Restorative Justice

Pihaknya turut mengirimkan sampel PMI yang positif covid-19 ke Jakarta dan hasilnya sampai saat ini tidak ditemukan varian omicron.

Sementara itu, berdasarkan data Kepala RSKI Pulau Galang, dari 213 PMI yang masih dirawat, 143 orang di antaranya lelaki dan 70 orang lainnya perempuan.

"Kapasitas kita masih bisa, karena BOR belum sampai 50 persen," jelasnya.

Menurut dia, jumlah PMI yang terkonfirmasi positif covid-19 lebih banyak dalam pemeriksaan RT PCR kedua setelah mereka menjalani karantina selama 10 hari di Batam.

Namun, ia menampik terjadinya penularan saat karantina, melainkan kemungkinan PMI memang sudah terpapar virus saat masih berada di Malaysia, namun belum terdeteksi saat pemeriksaan pertama.

"Artinya bisa saja negatif dalam pemeriksaan pertama karena belum terdeteksi. Bisa jadi sudah terpapar dari Malaysia, satu-dua hari sebelumnya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan sekitar 90 persen PMI yang dirawat di RSKI Pulau Galang tidak memiliki gejala yang berat. "Kebanyakan OTG," imbuhnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id