comscore

Pesan Ganjar ke UNS: Teruslah Merawat Toleransi

Lukman Diah Sari - 12 Maret 2022 02:19 WIB
Pesan Ganjar ke UNS: Teruslah Merawat Toleransi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo pada Dies Natalis ke-46 UNS, Jumat (11/3/2022). (Istimewa)
Solo: Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta diminta untuk merawat toleransi dan Pancasila. Pesan itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Menara Ki Hadjar Dewantara dan Dies Natalis ke-46 UNS.

"Universitas Sebelas Maret Surakarta tidak hanya mencetak mahasiswa berprestasi, tetapi juga sudah menjadi gerbong besar toleransi," kata Ganjar dalam sambutannya, di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 11 Maret 2022.
Bukan tanpa alasan, Ganjar mengungkap UNS merupakan kampus pertama yang memiliki enam tempat ibadah. Yakni masjid, gereja Kristen, gereja Katolik, pura, vihara, dan kelenteng.

"Semua ada. Selamat Hari Jadi ke-46 UNS, teruslah merawat dan menjaga Pancasila. Sebab dari lingkungan pendidikan inilah masa depan bangsa dipertaruhkan," ujar Ganjar.

Baca: Pembangunan Tempat Ibadah di Kampus Dinilai Akan Ciptakan Harmonisasi Antaragama

Orang nomor satu di Jateng itu berpesan kepada mahasiswa untuk bisa memanfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin. Sehingga bisa menjadi agen perubahan. 

"Maka, kawan mahasiswa jangan mau jadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Ayo, manfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin, Anda akan sukses," kata Ganjar.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut UNS telah berperan signifikan dalam pembangunan dan kemajuan masyarakat. Dia yakin UNS semakin sukses berkontribusi untuk Indonesia Maju.

Baca: Hadapi Bonus Demografi, Jokowi Senang Mahasiswa Dibuat Dekat dengan Industri
 
Jokowi mengistilahkan UNS sebagai kapal induk. Saat ini, UNS memiliki 40 ribu mahasiswa.

seluruh organisasi termasuk lembaga pendidikan tinggi juga mesti bergerak lincah dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM). Pendidikan tinggi harus bisa lebih transformatif dan inovatif.
 
"Harus cepat belajar dengan perubahan-perubahan yang ada, harus update, harus. Tapi, hati-hati tadi, kapal besar. Karena dunia berubah begitu sangat cepatnya. Ilmu pengetahuan juga berkembang sangat cepat sekali," kata Jokowi.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id