Lapas Sukamiskin Tiadakan Jam Besuk

    P Aditya Prakasa - 17 Maret 2020 16:32 WIB
    Lapas Sukamiskin Tiadakan Jam Besuk
    Ilustrasi. Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: MI/Bayu Anggoro)
    Bandung: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Kota Bandung, Jawa Barat, berencana meniadakan waktu kunjungan guna mengantisipasi penyebaran virus korona ke dalam lapas. Kebijakan itu masih menunggu keputusan dari Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

    "Kemungkinan akan setop (besuk), lockdown lapas selama 14 hari. Akan kami coba, selebihnya tunggu arahan pimpinan," kata Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Abdul Karim, Rabu, 17 Maret 2020.

    Agar tetap dapat berhubungan dengan keluarga, para warga binaan diberikan alternatif tatap muka via sambungan video. Namun hal itu masih dirumuskan.

    "Hari ini kami sudah sosialisasikan ke warga binaan, diinformasikan akan ada pembatasan kunjungan selama beberapa hari ke depan," kata dia.

    Baca juga: RS Unair Batasi Jumlah Pasien Tes Korona

    Sementara itu, ia memastikan telah melakukan tes kesehatan terhadap para narapidana kasus korupsi. Berdasarkan hasil pengecekan, Karim menyebut tak ada napi yang sakit atau menunjukkan gejala korona. 

    "Aman, sehat, tidak ada yang (suhu tubuh) di atas 38 derajat," jelas Karim.

    Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jawa Barat Abdul Aris berencana memberlakukan sistem video call menggantikan jam besuk. Kebijakan itu akan diterapkan di lapas dan rutan yang termasuk zona merah. 

    Zona merah, kata Abdul, adalah wilayah yang terindikasi memiliki pasien positif korona. Klasifikasi zona mengacu pada data pemerintah daerah.

    "Nanti video call akan difasilitasi oleh petugas. Nanti sistemnya absensi giliran untuk WBP (warga binaan pemasyarakatan) atau keluarga bisa menyampaikan kepada petugas untuk video call," jelas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id