Pasien Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Merauke

    Roylinus Ratumakin - 15 Maret 2020 22:33 WIB
    Pasien Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Merauke
    Petugas medis menjalankan simulasi penanganan pasien terjangkit virus korona di RS Margono Soekarjo Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin, 3 Februari 2020. Foto: Antara/Idhad Zakaria
    Jayapura: Seorang pasien diduga terjangkit virus korona (covid-19) dirawat intensif di ruangan khusus very important person (VIP) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Merauke, Papua. Lelaki berusia 46 tahun itu ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

    “Ada gejala gangguan saluran pernapasan, batuk, pilek serta demam,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Merauke Nevil Mustika dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 Maret 2020.

    Menurut dia, pasien itu dirawat sakit sejak, Rabu, 11 Maret 2020. Dari pelacakan Dinas Kesehatan Merauke, pasien itu pernah mengikuti seminar di Bogor, Jawa Barat, 25-28 Februari 2020.

    Nevil menerima informasi seminar ini diikuti pasien kasus 50 yang positif terjangkit korona. Pasien itu meninggal di Rumah Sakit Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Kamis, 12 Maret 2020. 

    Dia menegaskan pasien di RSUD Marauke belum didiagnosis positif terinfeksi virus korona. Untuk bisa memastikan pasien terinfeksi atau tidak, uji laboratorium atas spesimen diperlukan.

    “Kami akan ambil spesimen dari pasien itu untuk dikirim ke Litbangkes (Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan) Jakarta guna diperiksa diagnosisnya,” ujar Nevil.

    Dia menjelaskan pasien ini tidak dipindahkan ke ruangan isolasi lantaran kamar itu sudah ditempati pasien lain. Namun, standar penanganan terhadap PDP ini tetap selayaknya isolasi. 

    "Pengunjung di VIP telah dibatasi, hanya perawat serta dokter tertentu yang diizinkan masuk dan merawat pasien, dengan menggunakan alat pelindung,” kata dia.

    Pasien Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Merauke
    Grafis Medcom.id

    Baca: Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah

    Nevil menambahkan hingga Sabtu, 14 Maret 2020, RSUD Merauke belum menemukan kasus pasien positif korona. Masyarakat Papua pun diharap tidak resah. 

    "Tetapi harus juga tetap waspada,” pinta dia.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id