Positif Covid-19 di Indramayu Sempat Mengajukan Surat Keterangan Sehat

    Ahmad Rofahan - 18 Mei 2020 16:07 WIB
    Positif Covid-19 di Indramayu Sempat Mengajukan Surat Keterangan Sehat
    Ilustrasi: Medcom.id
    Indramayu: Seorang warga Indramayu terkonfirmasi positif covid-19 usai menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien sebelumnya sempat mengajukan surat keterangan bebas covid-19 untuk kembali ke tempat kerjanya.

    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menjelaskan penambahan satu kasus baru terkonfirmasi positif tersebut setelah pihaknya menerima hasil dari Labkesda Provinsi Jawa Barat pada Sabtu, 16 Mei 2020. Pasien pria tersebut berasal dari Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu.

    Deden menjelaskan, pada 5 Mei 2020 pasien datang ke Puskesmas dan ditangani oleh petugas kesehatan dengan meminta surat keterangan sehat bebas covid-19. "Pasien juga meminta dilakukan rapid test sebagai bukti untuk kembali ke tempat kerjanya di Semarang," ujar Deden, di Indramayu, Senin, 18 Mei 2020. 

    Namun, saat datang ke Puskesmas, pasien mengeluhkan batuk yang sudah berlangsung hampir satu bulan kepada petugas. Pihak Puskesmas, kemudian merujuk pasien tersebut ke RS Sentra Medika Langut. Kemudian pada 6 Mei 2020 pasien datang ke IGD RS Sentra Medika Langut dan dilakukan rapid test dengan hasil reaktif.

    "Pasien kemudian dirujuk ke RSUD Indramayu sesuai arahan tim gugus tugas Covid-19 untuk dirawat di ruang isolasi," ujar Deden.

    Pada 14 Mei 2020 pasien dipulangkan karena melihat kondisi yang sudah membaik dan menunggu hasil swab. Kemudian pada 16 Mei 2020 didapatkan hasil swab positif covid-19 kemudian dijemput dan dibawa ke ruang isolasi RS. Bhayangkara Losarang.

    “Dari hasil tracing maupun tracking yang sudah dilakasanakan oleh tim surveillance Dinas Kesehatan terdapat beberapa orang dari keluarga yang merupakan kontak erat dan akan kami lakukan pemeriksaan swab yang sebelumnya telah kami lakukan rapid test pada tiga orang dengan hasil non reaktif,” kata Deden.

    Dengan adanya kasus ini, maka jumlah orang yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Indramayu bertambah menjadi 13 orang.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id