Korban Longsor di Kabupaten Bogor Kesulitan Air

    Rizky Dewantara - 18 Februari 2020 09:24 WIB
    Korban Longsor di Kabupaten Bogor Kesulitan Air
    Situasi di salah satu posko pengungsian Kampung Cipandawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Februari 2020. Medcom.id/ Rizky Dewantara
    Bogor: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bidang sosial anak pada bencana, Susiana Afandi, mengaku prihatin dengan kondisi terkini korban longsor di Kabupaten Bogor. KPAI meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, menyediakan fasilitas publik di lokasi pengungsian tersebut.

    "Contoh nyata kebutuhan dasar mereka yaitu air, mereka yang tinggal di posko pengungsian harus berjalan sejauh 1 kilometer untuk mengambil air," kata Susiana kepada Medcom.id di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 18 Februari 2020.

    Susiana menjelaskan di lokasi tersebut juga minim MCK, seperti di posko pengungsian Kampung Cipandawa, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, yang dihuni 736 jiwa. Di tempat tersebut hanya ada enam MCK yang lokasinya cukup jauh untuk keperluan ratusan orang tiap harinya.

    "Dengan keterbatasan ini, jangan sampai situasi darurat menjadi alasan pemerintah daerah untuk tidak menyediakan sarana dan prasarana," jelas Susiana.

    Susiana menegaskan catatan penting untuk Pemkab Bogor adalah agar memenuhi hak dasar para korban terdampak longsor yang saat ini tinggal di posko pengungsian. Sepanjang jalan menuju lokasi pengungsian, pihaknya juga tidak melihat adanya fasilitas publik untuk masyarakat.

    "Kami akan mendesak Pemkab Bogor untuk memenuhi kebutuhan dasar dan menyediakan fasilitas publik bagi korban bencana yang tinggal di pengungsian," ungkap Susiana.





    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id