Bupati Bireun Positif Terpapar Covid-19

    Antara - 25 September 2020 18:26 WIB
    Bupati Bireun Positif Terpapar Covid-19
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Banda Aceh: Bupati Bireuen Provinsi Aceh Muzakkar A Gani dinyatakan positif covid-19. Ia menjadi kepala daerah ke tujuh di Tanah Rencong, yang terinfeksi virus korona.

    "Iya benar Pak Bupati Muzakkar positif covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Bireuen Irwan A Gani, Jumat, 25 September 2020.

    Muzakkar dilaporkan positif covid-19 berdasarkan hasil uji sampel swab dengan metode PCR dari Laboratorium Penyakit Infeksi Unsyiah di Banda Aceh, pada Rabu, 23 September 2020.

    Sebelum dinyatakan positif, bupati sempat mengalami demam sehingga memutuskan untuk melakukan uji swab sekaligus dengan seorang ajudannya, dan hasil keduanya positif terinfeksi.

    Usai dinyatakan positif, Muzakkar harus menjalani isolasi mandiri di rumah dinas bupati Bireuen. "Saat ini kondisi Pak Bupati sehat, baik, tidak ada masalah," ujarnya.

    Baca juga: Ganjar Minta Ponpes Jadi Klaster Covid-19 Ditutup

    Menurut Irwan, kondisi Aceh sudah transmisi lokal, begitu juga di Kabupaten Bireuen yang telah banyak ditemukan kasus positif covid-19.

    "Jadi sudah tidak tahu lagi di mana terpaparnya, karena aktivitas (bupati) yang padat dan tidak tahu di mana sumbernya (terinfeksi)," jelas Irwan.

    Disamping itu, lanjut dia, pihaknya telah melakukan uji sampel swab terhadap 21 orang yang dianggap kontak erat dengan bupati, dan sedang menunggu hasilnya. Selanjutnya, juga akan dilakukan tracing terhadap pejabat di lingkungan Pemda Bireuen.

    Sebelumnya, beberapa pejabat daerah di Aceh terpapar covid-19. Di antaranya, Bupati Aceh Singkil, Wakil Bupati Pidie, Bupati dan Wakil Bupati Simeulue, Bupati Aceh Barat, dan Wakil Wali Kota Banda Aceh.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id