Angka Kehamilan di Sumsel Capai 75 Ribu Selama Pandemi

    Gonti Hadi Wibowo - 14 Mei 2020 12:09 WIB
    Angka Kehamilan di Sumsel Capai 75 Ribu Selama Pandemi
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Palembang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Selatan, mencatat sebanyak 75 ribu angka kehamilan terjadi selama pandemi covid-19. Data itu terkumpul selama periode Januari-Maret 2020.

    “Dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019, mencapai 83 ribu kehamilan. Artinya (angka kehamilan) mengalami penurunan,” kata Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Dinas Kesehatan Sumsel, Lisa Marniyati, Kamis, 14 Februari 2020.

    Lisa mengatakan Kota Palembang menyumbang angka kehamilan terbesar se-Sumsel, yakni 12 ribu. Perinciannya, pada pemeriksaan trimester kehamilan pertama mencapai 6.000 ibu dan trimester kehamilan ketiga 6.000 ibu.

    Sedangkan yang paling sedikit yakni Kota Pagar Alam dengan angka kehamilan 1.300, dengan rincian pada pemeriksaan trimester kehamilan pertama 700 orang dan trimester kehamilan ketiga 600 orang.

    Baca juga: Pemprov Papua Imbau Pasutri Tunda Kehamilan

    “Jumlah itu kita peroleh dari rekap data yang ada di puskesmas, rumah sakit, dan bidan-bidan praktik,” ungkapnya.

    Lebih lanjut, kata Lisa, kehamilan terjadi pada perempuan usia 20-45 tahun. Angka tersebut didominasi oleh ibu rumah tangga pada kehamilan anak kedua dan seterusnya.

    “Untuk data April 2020 kita masih menunggu dari daerah. Kami belum bisa memprediksi apakah terjadi peningkatan angka kehamilan selama masyarakat bekerja dari rumah,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Endang Tri Wahyuningsih, mengatakan, selama masa pandemi covid-19 alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi, meskipun nilainya tidak terlalu signifikan.

    "Pada Maret 2020 misalnya vitamin, pil KB, dan alat kontrasepsi mengalami kenaikan harga. Namun andilnya tidak terlalu signifikan terdadap inflasi secara umum yaitu sekitar 0,0002 persen," imbuhnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id