Program Prakerja, Pemerintah Pusat Diharap Gandeng Daerah

    Amaluddin - 14 Mei 2020 10:23 WIB
    Program Prakerja, Pemerintah Pusat Diharap Gandeng Daerah
    Ilustrasi/Setkab
    Surabaya: Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo, menyebut banyak kendala program prakerja pemerintah pusat di Jawa Timur. Pihaknya berharap pemerintah pusat menggandeng daerah untuk merealisasikan program prakerja. 

    "Tujuannya untuk mengetahui berapa pendaftar dan yang diterima dari wilayah provinsi/kab/kota masing-masing, sehingga bisa diketahui untuk kuotanya," ujar HImawan. di Surabaya, Rabu malam, 13 Mei 2020.

    Dia mencontohkan pemerintah daerah bisa dijadikan admin, untuk pendaftaran kartu prakerja. Sehingga daerah bisa mengetahui besaran jumlah pendaftar dan penerima manfaat prakerja.

    "Sementara Pemprov/Pemkab/Pemkot juga tidak bisa mengetahui berapa yang daftar/diterima pada setiap gelombang, karena memang adminnya langsung dari pusat," ungkapnya.

    Dia mengaku banyak kendala yang dialami warga Jatim kala untuk lolos mendapat kartu prakerja. Terlebih, banyak warga yang masih gagap teknologi (gaptek).

    Baca: Penerimaan Kartu Prakerja Terkendala Proses Verifikasi Manual

    "Sistemnya sekarang full online, orang yang mengajukan harus membuat akun prakerja di website prakerja.go.id, lalu mengisi data diri dan mengikuti tes. Sementara di lapangan banyak orang yang gaptek, akibatnya ditemui banyak kendala," kata Himawan.

    Himawan mengungkap kendala yang ditemui yakni para pendaftar yang gaptek tidak memiliki e-mail, unggah foto KTP dan swafoto juga agak susah. Lalu, terkait sambung rekening muncul setelah tahap tes, padahal belum dipastikan lolos.

    Kendala lainnya, banyak pendaftar belum tahu tentang e-wallet (melalui ovo, link aja, gopay). Selain itu, ada yang telah dinyatakan lolos namun beberapa hari kemudian dinyatakan tidak lolos. Serta terkait call center prakerja, belum memberikan solusi ketika pendaftar menyampaikan keluhan dan lainnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id