Bupati Lembata Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

    Antara - 07 April 2021 00:21 WIB
    Bupati Lembata Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana
    Rumah penduduk di Kecamatan Ile Ape hancur akibat diterjang banjir bandang dari kawasan puncang Gunung Ile Lewotolok, Minggu, 4 April 2021. Antara/ HO Dinas Kominfo Kabupaten Lembata



    Lembata: Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, menetapkan status tanggap darurat penanganan bencana banjir bandang, longsor, dan gelombang pasang.

    Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengatakan status tanggap darurat terhitung mulai 4 sampai 17 April 2021 melalui Surat Keputusan Bupati Lembata Nomor 326, tertanggal 5 April 2021.






    "Hal ini dilakukan sebagai upaya penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), akibat gelombang pasang yang terjadi pada 2-5 April 2021 disertai hujan dengan intensitas tinggi," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Selasa, 6 April 2021.

    Baca: Awan Panas Guguran Merapi Meluncur 1,2 Km

    Dia menjelaskan bencana tersebut berdampak pada enam wilayah kecamatan, antara lain Kecamatan Ile Ape, Ile Ape Timur, Lebatukan, Omesuri, Buyasuri dan Wulandoni.

    Penetapan status tanggap darurat ini diharap mempercepat pemulihan dan kestabilan aktivitas perekonomian dan kelancaran arus transportasi bagi masyarakat dan wilayah terdampak.

    Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB, terdapat enam titik lokasi pengungsian para warga terdampak, antara lain di SMP Sabar Subur Betun, SDK Betun 1 dan 2, SDI Wemalae Betun, SDI Bakateu dan SDI Kletek.

    "Selain itu terdapat satu titik posko utama yang terletak di aula Kantor Bupati dan satu titik pos lapangan di Puskesmas Waipukang," ungkapnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id