Satu Kampung di Lereng Merapi Jadi Zona Merah Covid-19

    Ahmad Mustaqim - 08 Maret 2021 16:45 WIB
    Satu Kampung di Lereng Merapi Jadi Zona Merah Covid-19
    Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. Medcom.id/ahmad mustaqim



    Sleman: Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Joko Hastaryo, mengatakan, ada salah satu kampung di lereng Gunung merapi, tepatnya di Dusun Kaliurang Timur, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, berstatus zona merah. Situasi ini menyusul munculnya sejumlah kasus baru covid-19 di RT 04 Dusun Kaliurang Timur. 

    "Ada delapan (rumah warga) di sana yang ada kasus aktif (covid-19)," kata Joko di Sleman, Senin, 8 Maret 2021. 






    Ia mengatakan, pemerintah setempat memutuskan menutup akses keluar-masuk ke RT 04 Dusun Kaliurang Timur. Tak hanya akses masuk, fasilitas umum, masjid, hingga area bermain anak-anak di lokasi juga turut ditutup. 

    Menurut dia, petugas kesehatan setempat belum menemukan kasus baru dari hasil penelusuran (tracing) kasus kontak erat di sekitar. Ia menyatakan penelusuran kasus kontak juga dilakukan dengan jangkauan lebih luas. 

    "Tracing tak hanya dilakukan di tingkat RT, namun juga di tingkat pedukuhan (dusun) Kaliurang Timur. Sementara (Dusun) Kaliurang Timur kami tutup," ujarnya. 

    Baca: PPKM Mikro di Jatim Diperpanjang Hingga 22 Maret

    Penutupan wilayah skala kecil bukan kali pertama dilakukan di Kabupaten Sleman. Sebelum di Kecamatan Pakem, penutupan skala kecil juga pernah dilakukan di Kecamatan Godean. 

    Di sisi lain, dengan penambahan kasus covid-19 di Dusun Kaliurang Timur kini mengubah peta epidemologi wilayah setempat. Joko mengatakan ada satu RT di Sleman berstatus zona oranye, 472 zona kuning, dan 703 RT berstatus zona hijau. 

    "Sejak akhir pekan kemarin, ada tiga kecamatan di Sleman berstatus zona merah, yakni Ngemplak, Pakem, dan Seyegan," kata dia. 

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id