Gunung Semeru Dipastikan Sudah Bersih dari Pendaki

    Daviq Umar Al Faruq - 01 Desember 2020 22:45 WIB
    Gunung Semeru Dipastikan Sudah <i>Bersih</i> dari Pendaki
    Ilustrasi pendaki Gunung Semeru. Medcom.id/Daviq Umar
    Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) memastikan tidak ada lagi pendaki yang bertahan di sekitaran gunung setinggi 3.676 Mdpl.

    Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS, Sarif Hidayat, mengatakan pihaknya telah melakukan penyisiran kepada para pendaki yang masih berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Sebanyak empat personel disiagakan.

    "Kami menurunkan empat orang tim sweeping, untuk memastikan tidak ada lagi pengunjung, atau masyarakat di jalur pendakian," kata Sarif saat dikonfirmasi, Selasa, 1 Desember 2020.

    Baca: Seorang Lansia di Jombang Tewas Terbakar

    Berdasarkan laporan petugas di lapangan, sebanyak lima orang pendaki terakhir sudah dilaporkan turun. Mereka tercatat turun di Pos Ranu Pani, di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa 1 Desember 2020.

    "Lima orang pendaki sudah dilaporkan turun di Pos Ranu Pani, namun demikian, kita tetap menurunkan empat orang tim tersebut," jelasnya.

    Sebelumnya Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menutup sementara pendakian Gunung Semeru secara total sejak Senin, 30 November 2020. Penutupan pendakian menyusul peningkatan aktivitas vulkanis gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

    Kebijakan penutupan pendakian dilakukan setelah pendakian sempat dibuka pada 1 Oktober 2020. Saat itu, BB-TNBTS membuka pendakian Gunung Semeru untuk revitalisasi bertahap menuju masa adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19.

    Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengeluarkan awan panas guguran pada Selasa, 1 Desember 2020. Awan panas guguran Gunung Semeru berjarak luncur 2.000 menter ke arah Besuk Koboan.

    "Peristiwa tersebut termonitor oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang berada di Pos Pengamatan Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Selasa, 1 Desember 2020.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id