Pemeriksaan Pemudik di Pintu Masuk Kota Tujuan Dinilai Tak Efektif

    Rhobi Shani - 01 April 2021 15:14 WIB
    Pemeriksaan Pemudik di Pintu Masuk Kota Tujuan Dinilai Tak Efektif
    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun. Medcom.id/Rhobi Shani



    Jepara: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, menilai pemeriksaan pemudik di kota tujuan tak efektif. Semestinya kepastian kesehatan pemudik harus dilakukan sejak keberangkatan dari daerah asal.

    "Kalau dites di sini (pintu masuk Jepara) seperti dulu tidak efektif, malah bisa menimbulkan kerumunan, karena setiap bus yang datang penumpangnya diperiksa satu-satu," ujar Mundrikatun, Kamis, 1 April 2021.






    Selain berpotensi menimbulkan kerumunan, jumlah tenaga kesehatan untuk melakukan pemeriksaan terbatas. Sebab saat ini tenaga kesehatan difokuskan untuk vaksinasi covid-19.

    "Semestinya (pemudik) sebelum berangkat kan sudah dites, terus di perbatasan masuk Jawa Tengah juga sudah diperiksa. Tapi kalau musim mudik kami tetap mendirikan Posko Kesehatan di sejumlah titik," kata Mundrikatun.

    Baca: Pengusaha Transportasi di Kudus Diizinkan Angkut Pemudik

    Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Trisno Santoso, mengatakan belum mengeluarkan kebijakan apapun berkait larangan mudik lebaran tahun ini. Pihaknya masih menunggu koordinasi dengan pemerintah provinsi.

    "Kami masih menunggu koordinasi dulu dengan provisi. Larangan mudik itu seperti apa kami masih menunggu petunjuk teknisnya," ujar Trisno.

    Berkaca tahun lalu, pemudik yang tiba di Kota Ukir diperiksa kesehatannya. Bila ditemukan penumpang bus dengan suhu badan tinggi langsung dikarantina. Pemeriksaan itu dilakukan di pintu masuk Jepara. Itu dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran virus korona.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id