Riau Terima Bantuan 6 Alat Tes Covid-19 dari BNPB

    Antara - 30 September 2020 13:33 WIB
    Riau Terima Bantuan 6 Alat Tes Covid-19 dari BNPB
    Kegiatan Swab for Heroes Season kedua di National Hospital Surabaya, Senin, 29 Juni 2020. Medcom.id/ SYaikhul Hadi
    Pekanbaru: Pemerintah Provinsi Riau mendapat bantuan enam alat polymerase chain reaction (PCR) untuk uji sampel covid-19 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Peranti tersebut diharapkan bisa mengantisipasi lonjakan kasus baru di daerah itu.

    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan alat bantuan tersebut akan ditempatkan di Kota Pekanbaru, Dumai, dan Kabupaten Siak. Tim dari BNPB telah melakukan pemeriksaan kesiapan laboratorium biomolekuler di RSUD Arifin Ahmad, RSUD Siak, dan RSUD Dumai.

    Menurut Mimi, dengan bantuan alat PCR itu pemeriksaan sampel dari uji usap tidak lagi bertumpu pada laboratorium biomolekuler di RSUD Arifin Achmad. Laboratorium biomolekuler akan ada di tiga daerah sehingga pemeriksaan uji sampel akan dibagi dalam beberapa wilayah terdekat.

    Baca juga: Lagi, Dokter Spesialis di Aceh Gugur Melawan Covid-19

    “Kita masih menunggu kiriman alat PCR dari pusat. Nanti yang diminta ke BNPB itu ada enam unit," ujarnya, melansir Antara, 30 September 2020.

    Ia menjelaskan, dua unit alat PCR akan memperkuat laboratorium biomolekuler yang sudah ada di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

    Kemudian dua unit akan ditempatkan di RSUD Siak, yang rencananya menjadi lokasi pemeriksaan sampel untuk wilayah Siak, Bengkalis, dan Pelalawan. Sedangkan, dua alat lagi ditempatkan di RSUD Dumai, yang akan mengakomodasi area Dumai, Bengkalis Rupat, Bengkalis Duri, dan Kepulauan Meranti.

    "Agar nantinya pemeriksaan sampel tidak menumpuk dan menunggu di laboratorium biomolekuler RSUD Pekanbaru lagi," jelasnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id