Tes Covid-19 di Bandara Soetta Dipastikan Memenuhi Standar Kemenkes

    Hendrik Simorangkir - 04 Mei 2021 13:21 WIB
    Tes Covid-19 di Bandara Soetta Dipastikan Memenuhi Standar Kemenkes
    ilustrasi. Medcom.id



    Tangerang: Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi mengatakan layanan pemeriksaan atau tes covid-19 di Airport Health Center (AHC) bandara tersebut berjalan normal. Layanan rapid tes antigen maupun PCR di AHC Terminal 1, 2, dan Terminal 3 dilakukan oleh PT Farmalab Indoutama (Indofarma). 

    "Menyusul adanya pemberitaan terkait penggunaan device test yang didaur ulang, saya langsung sidak ke AHC Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan seluruh prosedur telah dijalankan dengan baik. Kami tidak menemukan hal yang mengarah ke unprosedural," ujarnya, Selasa, 4 Mei 2021.






    Agus menjelaskan pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap layanan di AHC Bandara Soekarno-Hatta. Inspeksi mendadak (sidak) pun dilakukan secara berkala agar layanan berjalan sesuai dengan standard operating procedure (SOP).

    "Pengawasan dilakukan setiap hari dan sidak dilakukan secara berkala. Sehingga tidak ada kekhawatiran bagi pengguna jasa yang melakukan tes covid-19 di AHC ini," katanya.

    Untuk memastikan alat tes yang digunakan masih tersegel dan belum pernah digunakan, pengguna jasa dapat memastikan alat tes (device test) secara langsung di lokasi AHC.

    "Layanan test covid-19 di AHC Bandara Soekarno-Hatta tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Dimana, petugas harus menunjukkan alat yang masih segel sebelum dilakukan tes. Masyarakat pun berhak memeriksa alat test terlebih dahulu," jelasnya.

    Selain itu, petugas Farmalab Indoutama yang melayani di AHC Bandara Soekarno-Hatta harus rutin menjalani pemeriksaan atau tes covid-19 secara berkala.

    "Hal ini untuk memastikan bahwa SDM yang bertugas dalam kondisi sehat dan bebas covid-19," ucap dia.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id