CEO Media Group Ajak UKM Ubah Gaya Bisnis Mengikuti Era 4.0

    Patricia Vicka - 23 Agustus 2019 22:31 WIB
    CEO Media Group Ajak UKM Ubah Gaya Bisnis Mengikuti Era 4.0
    CEO Media Grup News Muhammad Mirdal Akib (kiri) mendorong UKM untuk cepat beradaptasi mengikuti perkembangan era 4.0. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka.
    Bantul: CEO Media Group News Muhammad Mirdal Akib mendorong usaha kecil menengah (UKM) untuk cepat beradaptasi mengikuti perkembangan era 4.0. Pelaku UKM harus segera mengubah gaya dan strategi bisnisnya agar bisa bangkit dan survive di era revolusi industri tersebut.

    Mirdal menjelaskan, era 4.0 saat ini menimbulkan bisnis distruption pada perusahaan besar. Banyak perusahaan besar goyah dan tutup satu persatu dalam lima tahun belakangan. 

    "Sejak lima tahun belakangan perusahan besar mulai mengecil. Tidak ada lagi perusahaan yang bisa memonolopi. Perusahaan besar harus memecah diri jadi kecil atau kerja sama dengan perusahaan kecil," kata Mirdal saat menjadi pembicara di Seminar Kewirausahawan Kelas Inkubasi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Bantul, DIY, Jumat, 23 Agustus 2019.

    Menurutnya, tren ini terjadi lantaran perusahaan tak mengikuti perubahan bisnis dalam era 4.0. Sebaliknya, perusahaan besar kalah saing dengan usaha kecil yang sistem bisnisnya mengikuti era 4.0.

    Ia mencontohkan industri perbankan mulai goyang karena lahirnya startup dan perusahaan fintech seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shoppe. 

    "Orang sekarang lebih suka pakai fintech. Karena fintech bisa kasih pinjaman sepert bank. Tanpa syarat, tanpa checking yang ribet ke OJK dan BI bahkan dianterin ke konsumen," jelas dia.

    Dalam era 4.0, perusahaan tidak perlu menguasai aset dan memiliki modal besar. Sebaliknya perusahaan harus bisa memanfaatkan sumber daya manusia dan aset yang ada di masyarakat. Perusahaan bertugas sebagai koordinator yang menghimpun dan menyalurkan sumber daya di masyarakat kepada pihak yang membutuhkan.

    "Misalnya ada perusahaan startup katering. Sekarang tidak perlu punya tukang masak, siapin bahan. Tinggal bikin aplikasi dan sistem untuk kumpulkan pengusaha-pengusaha katering, lalu salurkan hasil masakan mereka," paparnya.

    Hal ini membuka peluang usaha bagi pelaku UMKM. Ke depan, ucap Mirdal, siapa pun yang ingin memiliki usaha tidak perlu membuka toko dan modal besar. UKM hanya perlu mempromosikan ke online atau marketplace.

    "Makanya sekarang saatnya UMKM bangkit, ubah cara berbisnisnya. Kerja sama dengan perusahaan dan marketplace untuk mempromosikan produk,"pungkas Mirdal.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id