PAD Sumsel Kurang Rp368 Miliar

    Gonti Hadi Wibowo - 13 Desember 2019 18:01 WIB
    PAD Sumsel Kurang Rp368 Miliar
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Palembang: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumatra Selatan masih mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2019 yang mencapai Rp 3.436 triliun. Saat ini, realisasi PAD yang telah tercapai sebesar Rp3.068 triliun.

    “Realisasi PAD per 12 Desember 2019 sudah 97,4 persen atau mencapai Rp 3,068 triliun atau masih kurang Rp368 miliar lagi,” kata kepala Bapenda Sumsel Neng Muhaibah, Jumat 13 Desember 2019.

    Neng mengatakan pihaknya optimistis target realisasi PAD itu akan tercapai dalam waktu 14 hari kedepan. Pihaknya pun terus berupaya mengejar sisa target pendapatan mulai dari pendekatan dengan Wajib Pajak (WP) hingga memaksimalkan pemungutan yang dilakukan petugas. 

    “Masih ada pajak rokok dan kendaraan yang belum membayar, tetapi itu akan segera diselesaikan 7-14 hari kedepan sehingga PAD Sumsel yang ditargetkan bisa terlampaui seperti tahun sebelumnya,” ungkapnya.

    PAD Sumsel didapat dari beberapa komponen mulai dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta lain-lain pendapatan daerah yang sah. 

    "Kami minta seluruh OPD yang memiliki kewajiban menarik retribusi atau komponen pendapatan lainnya untuk meningkatkan kinerjanya sehingga target PAD bisa meningkat," jelasnya.

    Guna meningkatkan pendapatan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya seperti mempermudah pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi e Samsat. Serta, ada beberapa komponen pajak daerah yang ditambah. 

    “Tahun depan ada pemungutan Pajak Kendaraan di Atas Air (PKAA). Targetnya di awal ini sekitar Rp250 juta. Sementara untuk BBN KAA mencapai Rp 75 juta," ungkapnya. 

    Pada 2020 mendatang, lanjut Neng, pihaknya juga bakal meningkatkan kembali target PAD menjadi Rp4.051 triliun.

    “Tahun depan target PAD akan naik sebesar Rp614 miliar sehingga menjadi Rp4.051 triliun,” pungkasnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id