Nazar Amien Rais Berjalan Kaki ke Jakarta Diwakilkan

    Ahmad Mustaqim - 22 Juli 2019 12:57 WIB
    Nazar Amien Rais Berjalan Kaki ke Jakarta Diwakilkan
    Seorang warga dari Blora yang mengkalim diri mewakili Amien Rais memenuhi nazar jalan kaki dari Yogya ke Jakarta. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Lilik Yuliantoro, seorang warga Kabupaten Blora, Jawa Tengah, mengklaim mewakili Amien Rais memenuhi nazar berjalan dari Yogyakarta ke Jakarta. Nazar ini disebut pernah diungkapkan Ketua Dewan Pertimbangan PAN tersebut andai Joko Widodo terpilih sebagai presiden. 

    Lelaki berusia 29 tahun ini menyebut dalam posisi netral meski menggantikan Amien Rais. Meskipun, ia mengaku cukup geram dengan ungkapan Amien Rais yang bernazar akan jalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. 

    "Saya dari hati menggantikan nazarnya beliau (Amien Rais). Biar yang muda melanjutkan generasi. Ini dari hati," kata Lilik di kawasan Tugu Yogyakarta pada Senin, 22 Juli 2019. 

    Lilik hanya melakukan persiapan minimalis untuk berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. Ia hanya membawa baju dua stel, air minum, tulisan, bendera merah putih, dan uang sebesar Rp50 ribu. 

    "Targetnya 22 hari (sampai di Jakarta)," kata lelaki kelahiran 3 Juli 1991 ini. 

    Menurut dia, Amien Rais sosok yang kritis terhadap pemerintah. Namun, sejumlah kritik itu tak disertai komitmen tindakan nyata. 

    Salah satunya soal menepati nazar berjalan kaki dari Yogyakarta ke Jakarta. "Saya masih ragu pak Amien memenuhi nazarnya," kata dia. 

    Ia mengatakan, sejumlah elemen masyarakat sempat menggunjing Amien Rais tak bersikap tak konsisten. Menurut Lilik, apa yang ia lakukan demi menjaga persatuan bangsa. 

    "Dari pada (Amien Rais) sering digunjing masyarakat, lebih baik saya yang melaksanakan. Biar persatuan terjaga di tengah perbedaan," ucapnya. 

    Ia berharap sampai Jakarta bisa bertemu dengan Presiden Jokowi. Selain itu, ia juga berencana bertemu Amien Rais dan Prabowo Subianto. 

    "Saya akan menyampaikan sepucuk surat Dilan untuk Naila. Maksudnya Naila (surat) dari masyarakat dan wayang kulit Sengkuni. Amien Rais baik. Saya suka wayang saja," ujarnya. 

    Lilik menambahkan, aksi jalan kaki ini sudah keempat kali yang dilakukan. Sebelum ini, ia lakukan saat laga sepak bola antara Persab Brebes melawan Persikaba Kabupaten Blora. Kemudian, aksi jalan kaki menuntut pembangunan stadion kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; dan aksi jalan kaki Blora-Jakarta untuk bertemu Jokowi dan melanjutkan ke KPK serta Kementerian Pemuda dan Olahraga. 





    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id