Gempa Mengguncang Sukabumi

    Kristiadi - 09 Januari 2020 09:10 WIB
    Gempa Mengguncang Sukabumi
    Ilustrasi - Medcom.id.
    Tasikmalaya: Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 mengguncang kawasan Selatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis, 9 Januari 2020, pukul 05.05 WIB. Pusat gempa berada di 54 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya dengan titik kordinat 8.10 LS - 107.95 BT di kedalaman 11 kilometer tidak berpotensi tsunami.

    "Sebelumnya gempa telah menguncang wilayah Kabupaten Garut 5,1 magnitudo, getarannya memang dirasakan sebagian warga pesisir Pantai Cipatujah Sukabumi. Namun, kondisi gelombang laut masih tetap aman dan tidak ada kenaikan tapi masyarakat harus waspada," kata, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tasikmaya, Wawan Ridwan Effendi, Kamis, 9 Januari 2020.

    Wawan mengatakan guncangan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan fasilitas lainnya. Para petugas telah melakukan pengecekan di setiap rumah penduduk, tidak menemukan rumah yang rusak.

    "Kami meminta kepada masyarakat sepanjang pantai selatan harus tetap waspada terutama gempa yang terjadi sekarang ini sering terjadi. Nelayan tetap harus menjaga diri karena gelombang selama ini tinggi termasuk curah hujan," ujarnya.

    Sementara itu, warga Sindangkerta Gungun, 52, mengatakan gempa yang terjadi dirasakan masyarakat. Para relawan berupaya melakukan pengecekan rumah di sepanjang pantai Sindangkerta, Cipatujah. 

    "Di sepanjang pantai Sindangkerta selama ini telah dipasang rambu-rambu evakuasi. Getaran terjadi memang sangat kecil, dan belum adanya laporan kerusakan rumah," paparnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id