Cabut Gugatan, GPdI Sedayu Pindah Lokasi

    Ahmad Mustaqim - 08 Januari 2020 16:24 WIB
    Cabut Gugatan, GPdI Sedayu Pindah Lokasi
    Proses penandatanganan kesepakatan penyelesaian polemik GPdI Immanuel Sedayu Bantul, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Bantul: Pengurus Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Immanuel Sedayu, Kabupaten Bantul, sepakat menyelesaikan konflik dengan pemerintah setempat. Pihak gereja bersedia pindah ke lokasi baru, yakni di Dusun Jurug, Desa Argosari, setelah bertemu dengan Bupati Bantul, Suharsono dan jajarannya.

    "Lokasi calon bangunan gereja berjarak tiga kilometer dari bangunan sebelumnya. Luas lahan itu sekitar 246 meter persegi," kata Pendeta Tigor Yunus Sitorus, pimpinan GPdI Immanuel Sedayu, Rabu, 8 Januari 2020. 

    Pemindahan gereja tersebut karena adanya penolakan warga yang berujung pada pencabutan perizinan pendirian bangunan. Kondisi itu membuat jemaat GPdI Immanuel Sedayu harus menumpang ibadah di GKJ Sedayu.

    Sitorus mengatakan pihaknya belum menyelesaikan pembelian tanah dengan dana pribadi tersebut. Namun ia mengungkapkan sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak.

    "Saya belum ketemu tapi sudah ada pendekatan melalui pak Timbul (Harjana, Ketua DPRD Bantul) dan beberapa pihak," jelas Sitorus. 

    Sitorus berharap pembangunan GPdI Immanuel Sedayu dikawal pemerintah hingga selesai. Ia berharap tak muncul masalah baru di kemudian hari. 

    Soal gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta kepada Bupati Bantul, Sitorus mengatakan akan segera mencabut pada Kamis, 9 Januari 2020. Kesepakatan pihaknya dengan Suharsono akan menjadi salah satu dasar pencabutan gugatan. 

    "Saya berfikir jauh demi jaga suasana di Bandut Lor, Sedayu, Bantul, supaya tetap kondusif. Terpenting kami punya lokasi ibadah bagi kami sudah cukup," ungkap Sitorus.

    Bupati Bantul, Suharsono mengatakan, pihaknya akan membantu pembangunan dengan sokongan 100 karung semen dari dana pribadi. Ia menyebut pemerintah juga bisa turut membantu.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id