Anggaran Sekolah Swasta Gratis di Semarang Cair pada 2020

    Mustholih - 25 November 2019 18:29 WIB
    Anggaran Sekolah Swasta Gratis di Semarang Cair pada 2020
    Ilustrasi. (Foto: Media Indonesia)
    Semarang: Dinas Pendidikan Kota Semarang, Jawa Tengah, terus menggodok program sekolah gratis di sekolah-sekolah swasta. Rencananya, anggaran sekolah gratis dari Pemerintah Kota Semarang mulai masuk ke sekolah-sekolah swasta per 1 Januari 2020.

    "Berlaku Januari, anggaran sudah ditransfer ke masing-masing sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Senin, 25 November 2019.

    Menurut Sapto, anggaran untuk program sekolah swasta gratis berjumlah Rp5,4 miliar. Uang itu rencananya akan disalurkan ke lima sekolah Taman Kanak-kanak (TK), 20 SD, dan 14 SMP.

    Ia berujar sekolah-sekolah swasta yang menjadi penerima program sekolah gratis sudah didata oleh pemerintah. "Cuma ada beberapa sekolah lagi yang perlu diklarifikasi terkait data yang benar," jelas dia.

    Pemkot Semarang, lanjut Sapto, komitmen memajukan semua lembaga pendidikan alih-alih hanya sekolah negeri. Pihaknya menghendaki siswa tidak mampu bisa mengakses pendidikan secara gratis.

    "Kita prioritaskan dulu untuk sekolah swasta menengah ke bawah yang banyak warga miskin. Harapan kita warga miskin di sekolah swasta bisa gratis, negeri pun juga gratis," pungkasnya.

    Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sebelumnya ingin intervensi di sektor pendidikan bisa merambah ke sekolah swasta. Salah satunya penggratisan biaya sekolah di TK, SD, dan SMP swasta.

    Hendrar berujar beberapa sekolah swasta akan dijadikan contoh sekolah gratis. "Kalau animo bagus pasti akan kita tingkatkan ke wilayah yang lebih luas jumlahnya," katanya, Senin, 11 November 2019.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id