Komoditas Unggulan Sumsel Diekspor ke Mancanegara

    Muhammad Syawaluddin - 20 November 2019 19:54 WIB
    Komoditas Unggulan Sumsel Diekspor ke Mancanegara
    Mendag Agus Suparmanto dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melepas ekspor komoditas unggulan Sulsel, di Terminal Peti Kemas Makassar, Rabu, 20 November 2019. (Medcom.id/Syawaluddin).
    Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan ekspor komoditas unggulan Sulawesi Selatan ke berbagai negara di Asia. Komoditas itu dilepas oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Terminal Peti Kemas Makassar. 

    Menteri Agus bersama Gubernur Nurdin melepas secara simbolik 500 TEUs (Twenty-foot Equivalent Unit), atau sebanyak 7.930 ton komoditas unggulan asal Sulsel. seperti mede, kakao, tripleks, nikel, rumput laut, dan komoditas unggulan lainnya.

    "Komoditas ini dari 18 pelaku usaha dan dikirim ke negara Asia seperti Jepang, Korea, Tiongkok, dan Hong Kong," kata Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Hadi Basalama, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 20 November 2019.

    Hadi mengatakan bahwa ekspor langsung yang dilakukan hari ini mampu menghemat waktu dan biaya pengiriman sebesar 200 USD per TEUs. Jika ekspor biasa memakan waktu hingga 32 hari, dengan teknik ini pengiriman hanya perlu 12 hari menuju ke Jepang. 

    Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengatakan, akan terus memaksimalkan investasi. Dia pun akan mengevaluasi semua regulasi yang menghambat investasi di Sulawesi Selatan.

    "Karena saya kira sangat jelas arahan Bapak Presiden Jokowi. Tema utamanya adalah menciptakan lapangan kerja dan mendorong SDM yang unggul," jelasnya. 

    Nurdin juga meminta seluruh petani agar meningkatkan produksi rumput laut menjadi kebutuhan pokok. Ia menyebutkan, salah satu perusahaan di Sulsel membutuhkan hingga 100 ton rumput laut per hari, sementara yang mampu disediakan oleh petani hanya berkisar 30 sampai 50 ton setiap hari.

    "Eksportir kita alhamdulillah, harga-harga komoditas kita naik, terutama rumput laut yang tadinya hanya Rp6.000 sampai Rp7.000, hari ini sudah mencapai Rp28.000," ungkapnya. 




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id