Belasan Bus Sekolah Kota Bandung Menganggur

    Roni Kurniawan - 09 Agustus 2019 15:41 WIB
    Belasan Bus Sekolah Kota Bandung Menganggur
    Ilustrasi bus sekolah Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 9 Agustus 2019. Medcom.id/ Roni Kurniawan.
    Bandung: Belasan bus sekolah di Kota Bandung terpaksa harus menganggur dan terparkir di dalam pool. Bus tersebut tidak beroperasi karena dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang menerapkan sistem zonasi.

    Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan Bandung memiliki 24 unit bus sekolah untuk antar jemput para pelajar mulai dari SD, SMP, dan SMA. Namun saat ini hanya sebagian bus sekolah yang beroperasi untuk memfasilitasi para pelajar tersebut.

    "Yang beroperasi 8 sampai 13 dari 24 unit yang kita miliki. Itu dampak dari sistem zonasi saat ini," kata Ricky di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat, 9 Agustus 2019.

    Ricky menjelaskan sistem zonasi berpengaruh cukup besar untuk pengoperasian bus yang dihadirkan sejak 2014 lalu. Sebab, lanjut Ricky, siswa yang hendak masuk ke sekolah negeri mayoritas mendaftar ke sekolah yang jaraknya tidak jauh dari tempat tinggal.

    Sementara Dishub Jabar akan melakukan evaluasi terkait operasional bus kuning tersebut. Bahkan rencananya, bus sekolah akan dialih fungsikan menjadi moda transportas massal untuk tujuan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

    "Untuk dampak ke depannya kita akan meninjau kembali dan mengalihkan usaha di bidang lain, seperti bus pariwisata dan angkutan ke Bandara Kertajati," kata Ricky.

    Selain itu diakui Ricky, masih banyak pelajar yang tidak memanfaatkan fasilitas bus tersebut meski tanpa dipungut biaya alias gratis. Hal itu terbukti, masih banyaknya kendaraan roda dua terutama yang digunakan para pelajar memenuhi area sekolah.

    "Masih banyak juga yang bawa kendaraan sendiri, pakai mobil, pakai motor, padahal naik bus ini gratis. Bus ini sebetulnya untuk mengurangi kepadatan lalu lintas," pungkas Ricky.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id