Undip Rekomendasikan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional

    Mustholih - 25 Oktober 2019 14:40 WIB
    Undip Rekomendasikan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional
    Dokumentasi Istimewa/ Mustholih
    Semarang: Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, mengeluarkan rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo untuk menetapkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Ratu Kalinyamat dinilai patut diangkat sebagai pahlawan karena turut berkontribusi terhadap perjalanan Bangsa Indonesia.

    "Beliau telah berkontribusi terhadap embrio hadirnya kebangsaan Indonesia dalam konteks kekinian,'' kata Dekan Fakultas Ilmu Budaya Undip, Nurhayati, di sela-sela penandatanganan naskah kerja sama antara Yayasan Dharma Bakti Lestari dengan FIB Undip, Semarang, Jateng, Jumat, 25 Oktober 2019.

    Penandatanganan naskah kerja sama itu dilakukan oleh Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat, dan  Dekan FIB Undip, Nurhayati. Hadir dalam momen itu Wakil Dekan I FIB Undip, Alamsyah, Wakil Dekan II FIB, Suhayo, Wakil Ketua Ikatan Alumni Undip, Setiyo Miharso, dan Ketua Tim Pakar Ratu Kalinyamat YDBL Ratno Lukito.

    Penandatanganan itu dilakukan untuk mengefektifkan segala bentuk kajian atas ketokohan dan nilai-nilai kejuangan Ratu Kalinyamat yang berkuasa di Jepara pada 1549-1579. 

    ''Kami tidak hanya siap bekerja sama demi tujuan mulia ini. Tapi sekaligus memberikan rekomendasi akademik secara kelembagaan. Kami mendukung penuh,'' ungkap Nurhayati.

    Nurhayati menambahkan, Ratu Kalinyamat memiliki jejak historis dalam pembentukan embrio kebangsaan Indonesia. Misalnya, pada 1551, Ratu Kalinyamat mengirim sedikitnya tiga ribu pasukan untuk membantu  Kerajaan Johor merebut kembali Malaka dari tangan Portugis. 

    "Pengorbanan Ratu Kalinyamat dalam melawan penjajahan Portugis di Nusantara menunjukkan semangat patriotisme yang luar biasa," tegas Nurhayati.

    Pembina Yayasan Dharma Bakti Lestari, Lestari Moerdijat, menyatakan saat ini telah berdiri Pusat Kajian Ratu Kalinyamat di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

    Mba Rerie, sapaan akrabnya, menyatakan persiapan pengajuan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional mendekati rampung. Naskah akademik terhadap Ratu Kalinyamat pun sudah diselesaikan. 

    "Naskah akademik disusun oleh tim pakar yang diketuai Profesor Ratno Lukito dan dibantu oleh pakar sejarah Undip, pakar politik dan pertahanan UI, ahli ilmu komunikasi UI, aerkolog Pusat Litbang Balai Arkeologi Nasional Kemendikbud,'' ujar perempuan yang kini menjabat Wakil Ketua MPR tersebut.

    Rerie berujar merasa terpanggil untuk memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional. Dia menegaskan ingin menghadirkan marwah dan nilai kejuangan para peletak dasar kebangsaan Indonesia dan mendorong kaum melenial berkaca pada Ratu Kalinyamat. 

    "Pada abad ke-16, sudah hadir Ratu Kalinyamat, perempuan hebat dengan visi besar sebagai pioner nusantara menjadi poros maritim dunia dan perencana perang yang tangguh melawan Portugis di Selat Malaka," tegas Rerie.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id