264 Rumah di Gowa Tercatat Rusak Akibat Angin Kencang

    Muhammad Syawaluddin - 24 Oktober 2019 20:42 WIB
    264 Rumah di Gowa Tercatat Rusak Akibat Angin Kencang
    Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Mallaganni saat meninjau rumah rusak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Medcom.id/ Muhammad Syawaluddin
    Makassar: Angin kencang yang melanda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyebabkan rumah warga rusak terus bertambah. Dari data yang ada sudah ada 264 rumah rusak akibat diterjang angin kencang.

    Camat Parigi, Muhammad Guntur, mengatakan data terakhir pada Minggu 20 Oktober 2019 lalu. Di Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyebabkan 144 rumah rusak dengan kondisi mulai dari rusak ringan hingga berat.

    "Rumah rusak ada di lima desa yakni Desa Manimbahoi 64 rumah, Desa Bilanrengi 38 rumah, Desa Jonjo 10 rumah, Desa Majannang 18 rumah dan Desa Sicini 14 rumah," kata Guntur di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis, 24 Oktober 2019.

    Guntur menjelaskan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pendataan rumah masyarakat di Kecamatan Parigi. Karena, hingga saat ini angin kencang masih melanda wilayah atau dataran tinggi di Kabupaten Gowa tersebut.

    "Kami masih mendata berapa rumah yang rusak berat, sedang hingga ringan. Tapi khusus di Desa Manimbahoi itu kebanyakan yang rusak berat," beber Guntur.

    Meski demikian warga yang kondisi rumahnya rusak sedang dan ringan tetap memilih tinggal di rumahnya. Sementara yang mengalami rusak berat mereka mengungsi ke rumah tetangga.

    "Yang rusak ringan itu sudah banyakmi diperbaiki dengan berkerjasama warga setempat, yang masih terbuka atapnya itu yang rusak berat karena satu rumah yang terbuka," ungkap Guntur.

    Sebelumnya angin kencang juga melanda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengakibatkan 124 rumah masyarakat di Desa Rappoala dan Rappolemba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa rusak. 

    Camat Tompobulu, Zulfikar mengatakan bahwa selama beberapa hari di wilayah yang dipimpinnya tersebut angin tidak seperti biasanya. Angin cukup kencang mengakibatkan banyak rumah warga khususnya di Desa Rappoala dan Rappolemba rusak. 

    Dari data yang diperoleh rumah rusak karena angin kencang ada 124 rumah. Masing-masing 44 rumah di Desa Rappoala dan 80 rumah di Desa Rappolemba. 



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id