Sumsel Klaim Tingkat Penderita Kusta Masih Rendah

    Gonti Hadi Wibowo - 28 Januari 2020 13:15 WIB
    Sumsel Klaim Tingkat Penderita Kusta Masih Rendah
    Ilustrasi--Penderita kusta di Madura, Jawa Timur. (Foto: MI/M Ghozi)
    Palembang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatra Selatan mengeklaim jumlah penderita kusta di wilayahnya tergolong rendah ketimbang provinsi lain. Pengidap kusta di Sumsel berjumlah 234 orang sepanjang 2019.

    “Sumsel termasuk provinsi rendah terkena kusta dibandingkan Jawa Timur, Papua, Maluku, dan Sulawesi," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Sumsel, Muyono, Selasa, 28 Januari 2020.

    Kendati tergolong rendah, Muyono menyebut angka tersebut cenderung naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka penderita kusta di Sumsel pada 2018 sebanyak 231 orang.

    “Dominannya penyakit kusta itu dialami oleh orang dewasa sebanyak 217 orang dan anak-anak dibawah usia 15 tahun, 17 orang," jelasnya.

    Ia memerinci penderita kusta di Sumsel tersebar di  Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 10 orang, Banyuasin 33 orang, Ogan Komering Ilir 19 orang, Ogan Komering Ulu (OKU) 10 orang, Lahat empat orang, Empat Lawang tujuh orang, Muara Enim 25 orang, Musi Rawas sembilan orang, Penukal Abab Lematang Ilir 13 orang, OKU Timur 23 orang, Musi Banyuasin 38 orang, OKU Selatan tujuh orang, Kota Lubuk Linggau satu orang, Prabumulih delapan orang, dab Palembang 27 orang.

    “Penderita kusta paling banyak berada di wilayah perairan seperti di Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin. Sedangkan Kabupaten Musi Rawas Utara dan Kota Pagar Alam negatif penderita kusta," ungkap dia.

    Muyono mengimbau masyarakat Sumsel tetap menerapkan hidup bersih dan sehat. "Dan masyarakat yang sudah terkena kusta jangan mengurung diri dan tidak mau bersosialisasi karena mereka juga bisa sembuh total," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id