Ribuan TKI Asal Brebes Bekerja di Negara Terpapar Korona

    Kuntoro Tayubi - 29 Januari 2020 10:33 WIB
    Ribuan TKI Asal Brebes Bekerja di Negara Terpapar Korona
    Bupati Idza Priyanti menghimbau warganya untuk tidak bekerja ke luar negeri di kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
    Brebes: Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mencatat ribuan warga wilayah itu bekerja di beberapa negara tepapar virus korona. Namun, belum ada laporan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Brebes terjangkit virus tersebut.

    "Hingga 2019, ‎jumlah TKI asal Brebes di luar negeri mencapai 8.125 orang. Mereka antara lain bekerja sebagai asisten rumah tangga dan di perusahaan," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Brebes, Syamsul Komar, di kantornya, Rabu, 29 Januari 2020.

    ‎Ribuan TKI Brebes itu bekerja di‎ Taiwan, Malaysia, Singapura, Korea, dan Jepang. Tidak ada yang bekerja di Tiongkok.

    Dia mengaku tetap memantau dan mewaspadai warga Brebes yang bekerja di negara terpapar korona. Koordinasi dilakukan dengan agen penyalur pekerja.

    "Meskipun kami tidak bisa melakukan pemantauan orang per orang, kami membuka komunikasi pada agen atau perusahaan pemberangkatan yang lebih tahu," ujar Syamsul.

    Dia menjelaskan beberapa tenaga asing berasal dari Tiongkok dan Korea Selatan bekerja di Brebes. Jumlahnya 20 orang, bekerja di pabrik sebagai manajer.

    Syamsul mengaku melaku‎kan pemantauan bersama Dinas Kesehatan setempat terhadap para pekerja asing itu. Pihak perusahaan selalu melaporkan pekerja asingnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id