Masyarakat Bangka Belitung Diminta Waspada Banjir Rob

    Antara - 15 Januari 2020 12:45 WIB
    Masyarakat Bangka Belitung Diminta Waspada Banjir Rob
    ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
    Pangkalpinang: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, meminta masyarakat pesisir mewaspadai banjir rob karena curah hujan tinggi dan dampak pemanasan global.

    "Saat ini potensi terjadinya banjir rob sangat tinggi, karena (ditambah) meningkatnya abrasi pantai," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu, 15 Januari 2020.

    Erzaldi menjelaskan cuaca ekstrem dari tahun ke tahun di Bangka Belitung mengalami peningkatan. Ini terlihat sepanjang garis pantai mengalami abrasi sehingga selama Desember-Januari air pasang sampai ke jalan dan permukiman warga.

    "Ancaman banjir rob dan abrasi menyusul peningkatan permukaan air laut akibat pemanasan global menjadi perhatian khusus pemerintah daerah," jelas Erzaldi.

    Menurut Erzaldi untuk mengantisipasi bencana alam ini, pemerintah provinsi sudah membangun tanggul pemecah ombak, maupun kebijakan lainnya untuk meminimalisir kerusakan lingkungan.

    "Ancaman bencana ini bersifat hidrometeorologi, seperti banjir longsor maupun angin puting beliung, cukup sering terjadi, bahkan memiliki kecenderungan terjadi peningkatan setiap tahunnya," ungkap Erzaldi.

    Sementara Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa, mengatakan pihaknya menyiagakan tim reaksi cepat di titik-titik rawan banjir rob.

    "Kami bersama aparat kepolisian dan instansi terkait lainnya terus memantau dan bersiaga untuk membantu masyarakat korban banjir ini," kata Mikron.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id