14 Santri Keracunan Diduga Hirup Bahan Kimia B3 Pabrik - Medcom

    14 Santri Keracunan Diduga Hirup Bahan Kimia B3 Pabrik

    Hendrik Simorangkir - 29 Agustus 2019 17:31 WIB
    14 Santri Keracunan Diduga Hirup Bahan Kimia B3 Pabrik
    14 santri SMPIT Nurul Hikmah Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang mengalami keracunan menghirup bahan kimia Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
    Tangerang: Sebanyak 14 santri SMPIT Nurul Hikmah Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang keracunan, Rabu 28 Agustus 2019. Mereka diduga menghirup bahan kimia Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) salah satu pabrik. 

    Rifal Ansori, salah satu warga menjelaskan, kejadian bermula pada Rabu sekira pukul 19.00 WIB. Bau bahan kimia menyengat tersebut berasal dari sebuah pabrik yang letaknya hanya sekitar satu kilometer dari pesantren.

    "Mendadak para santri satu persatu mengalami sesak nafas setelah menghirup bau tersebut. ISPA diduga dari limbah B3 pabrik yang telah lama ditimbun, jadi setiap sehabis hujan, bau dari limbah tersebut menguap," ujar Rifal, Kamis, 29 Agustus 2019.

    14 Santri Keracunan Diduga Hirup Bahan Kimia B3 Pabrik

    Rifal menjelaskan, pada awalnya di pesantren SMPIT Nurul Hikmah Pasar Kemis diguyur hujan, setelah hujan reda santri-santri tersebut melakukan kegiatan di luar ruangan. Kemudian salah satu santri mengalami sesak napas, dan disusul tiga korban yang mengalami hal serupa.

    "Semalam empat orang santri yang mengalami ISPA dirawat di Puskesmas Pasar Kemis dan tadi pagi yang mengalami bertambah sebanyak 10 orang," katanya.

    Kapolsek Pasar Kemis, AKP Bambang Supeno menuturkan, pihaknya sedang mengecek ke pesantren dan pabrik yang diduga mengeluarkan bau tersebut.

    "Ini sedang cek TKP bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang," jelas Bambang. 

    Sampai saat ini, berdasarkan data dari puskesmas pasar kemis ada 12 santri yang masih dalam perawatan, sementara dua santri lainnya sudah diperbolehkan pulang. 





    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id