Menteri Teten Hendak Adopsi Sistem Tomira untuk Selamatkan UMKM

    Ahmad Mustaqim - 28 Mei 2021 17:15 WIB
    Menteri Teten Hendak Adopsi Sistem Tomira untuk Selamatkan UMKM
    Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Medcom.id/ahmad mustaqim



    Kulon Progo: Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan hendak mengadopsi sistem pengelolaan Toko Milik Rakyat (Tomira) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ia menilai, sistem pengelolaan toko berjejaring yang bekerja sama dengan UMKM lokal itu bisa menyelamatkan pengusaha kecil terdampak pandemi covid-19.

    "Tomira ini suatu kebijalan baik, sistem kemitraan dengan jaringan (toko) ritel. Memberikan kesempatan usaha kepada masyarakat," kata Teten saat berkunjung di Kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Jumat, 28 Mei 2021.

     



    Teten melakukan pertemuan sekitar dua jam dengan jajaran Pemkab Kulon Progo yang disertai Dinas Koperasi dan UKM DIY. Mereka berdiskusi tentang pengelolaan Tomira yang sudah berjalan sejak 2015.

    Dari pertemuan itu, Teten menganggap konsep di Tomira bisa dikembangkan dan dijadikan contoh untuk pengembangan di lokasi lain. Ia mengatakan, pengusaha kecil di banyak daerah tampak kalah saing dengan kekuatan ekonomi besar.

    Baca: Kemenkop Pastikan UMKM Kuliner Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

    Teten meyakini konsep kelola Tomira bisa jadi penyelamat warung tradisional dengan model kemitraan. Ia menyatakan siap memberikan pembiayaan.

    "Tomira bisa jadi role model lewat pengembanga  koperasi. Kita kerja samakan. Kami punya dana bergulir untuk ini," kata dia.

    Berdasarkan dara Badan Pusat Statiatik (BPS), Teten menambahkan, UMKM yang gulung tikar pada 2020 di bawah angkat 500an ribu. Ia menyebut, jumlah itu lebih sedikit dibanding jumlah total UMKM secara nasional sekitar 64 juta.

    "Sektor koperasi harus kami perkuat dengan konsep Tomira. Kami tertarik mengembangkan koperasinya," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id