comscore

Meluas, 240 Ekor Sapi di Jombang Terjangkit PMK

MetroTV - 19 Mei 2022 13:04 WIB
Meluas, 240 Ekor Sapi di Jombang Terjangkit PMK
Sudah ada 240 sapi terinfeksi PMK dari sebelumnya hanya 186 ekor..(Metro TV)
Jombang: Jumlah sapi yang ditemukan terjangkit virus penyakit kuku dan mulut (PMK) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terus bertambah dari hari ke hari. Sampai saat ini sudah ada 240 sapi terinfeksi PMK dari sebelumnya hanya 186 ekor.

Ratusan ekor sapi yang terinfeksi PMK tersebar di 20 desa dan rata-rata berada di kawasan perbatasan Kabupaten Mojokerto dengan Lamongan.
"Sampai hari ini, ada 240 ekor sapi dari 20 desa di kabupaten Jombang yang suspect PMK. Terbaru ada tiga desa di Kecamatan Ngusikan yang dinyatakan harus melakukan karantina hewan ternak," tutur Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Agus Susilo, Kamis, 19 Mei 2022.

Meski angka sapi yang sakit dengan gejala PMK semakin bertambah, namun hingga Kamis, 19 Mei 2022, Agus menginfokan belum ada tambahan kasus kematian. 

"Data untuk hewan ternak yang mati akibat PMK, masih tercatat 5 ekor anakan sapi," imbuhnya.

Baca juga: Imbas Wabah PMK, Pedagang di Pasar Hewan Kudus Sepi Pembeli

Sebagai langkah antisipasi, Agus sudah mengerahkan timnya untuk terus memberikan injeksi antibiotik maupun vitamin guna meningkatkan kekebalan tubuh sapi.

"Tim kami setiap hari keliling menangani sapi-sapi yang sakit. Baik diberikan penyuntikan antibiotik maupun vitamin," terang dia.

Adanya penanganan medis dari dinas terkait selama sepekan ini, 143 sapi yang sebelumnya dinyatakan suspek penyakit mulut dan kuku (PMK) di sejumlah kecamatan berangsur sembuh.

Pemerintah kabupaten melalui dinas peternakan meminta adanya kolaborasi para peternak dengan petugas agar penyebaran bisa segera ditekan. Peternak diminta lebih aktif memberikan informasi kepada petugas jika ada tanda-tanda hewan ternaknya sakit.

"PMK penularannya sangat cepat, dibutuhkan kolaborasi dari seluruh pihak untuk mengatasi wabah ini. Terutama para peternak untuk lebih aktif lapor, kemudian menjaga kebersihan kandang dan memberikan asupan vitamin kepada sapi," jelasnya. (Amiruddin Zakky/Narendra Wisnu)

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id