comscore

Bendungan Pidekso Diresmikan Jokowi, Petani Harap Tingkatkan Kesejahteraan

Triawati Prihatsari - 28 Desember 2021 18:48 WIB
Bendungan Pidekso Diresmikan Jokowi, Petani Harap Tingkatkan Kesejahteraan
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Pidekso, Wonogiri, Jateng, Selasa, 28 Desember 2021. Biro Pers Sekretariat Presiden/ Laily Rachev
Wonogiri: Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pidekso di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pembangunan bendungan yang menghabiskan biaya Rp772 miliar dimulai sejak 2014.

"Alhamdulillah hari ini bendungan Pidekso di Wonogiri bisa saya resmikan," kata Jokowi di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa, 28 Desember 2021.
Baca: Menunggak Rp800 Juta, Kursi Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru Ditarik Vendor

Peresmian secara simbolis dilakukan Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, didampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyempatkan diri mendengarkan harapan para petani sekitar bendungan yang memiliki luas 232 hektare tersebut.

Meskipun dimulai dengan pembebasan lahan tahun 2014, namun pembangunan konstruksi bendungan tersebut dilakukan pada 2017.

"Bendungan ini memiliki kapasitas 25 juta meter kubik. Dengan luas genangan 232 hektare. Waduk Pidekso bisa mengairi 1.500 hektare sawah di Wonogiri," jelas Jokowi.

Menurutnya jika ingin mewujudkan kemandirian pangan dan kedaulatan pangan, waduk menjadi salah satu faktor penting untuk tujuan tersebut. "Air merupakan kunci, oleh sebab itu kita bangun waduk di seluruh provinsi di Indonesia," ungkapnya.

Sementara salah satu petani setempat, Sugiyo, 50, mengaku banyak berharap mendapat manfaat besar dari bendungan tersebut. Menurutnya keberadaan bendungan Pidekso akan memberikan keuntungan bagi ekonomi masyarakat sekitar.

"Dengan adanya waduk (bendungan) ini, irigasi sawah tercukupi. Ke depan juga berpotensi dikembangkan wisata baru disini. Sekarang lokasi Waduk Pidekso jadi ramai. Sebelumnya sepi," ungkap Sugiyp.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id