comscore

Masyarakat Kaltim Unjuk Rasa Tuntut Tangkap Edy Mulyadi

MetroTV - 25 Januari 2022 16:41 WIB
Masyarakat Kaltim Unjuk Rasa Tuntut Tangkap Edy Mulyadi
Masyarakat Kalimantan Timur tuntut tangkap Edi Mulyadi. Foto: Dok/Metro TV
Samarinda: Ratusan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan aksi unjuk rasa di persimpangan Lembuswana, Kota Samarinda untuk menuntut kepolisian segera menangkap Edy Mulyadi. Masyarakat adat Dayak dan organisasi masyarakat (ormas) mengaku terusik atas pernyataan Edy.

Pernyataan Edy Mulyadi viral melalui media sosial lantaran diduga menghina masyarakat Kalimantan terkait pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Dalam unggahan Youtubenya, Edy mengeluarkan sejumlah pernyataan yang merendahkan, di antaranya menyebut Pulau Kalimantan sebagai ‘tempat jin membuang anak’. Rekaman tersebut juga menunjukkan Edy bersama rekan-rekannya menertawakan sembari seolah-olah menyebut masyarakat Kaltim sebagai kuntilanak dan genderuwo.
Salah satu anggota Aliansi Wanita Dayak Kalimantan Mei Christy menilai, pernyataan Edi Mulyadi terlah melukai perasaan masyarakat Kalimantan.

"Di Kalimantan ini, lho, ada sekelompok manusia yang adat istiadatnya sangat kuat. Gimana ceritanya disamakan dengan hantu?” ujar Mei seperti dalam tayangan Newsline di Metro TV, Selasa, 25 Januari 2022.

Masyarakat yang melakukan aksi damai juga menyinggung bahwa pemindahan IKN ke Kaltim merupakan kebijakan pemerintah pusat atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita dari Kalimantan tidak meminta ke sana (pemerintah pusat) supaya IKN pindah ke sini,” kata Ketua DPC PPRD Balikpapan Iwan Padamio.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyatakan, Polda Kaltim telah menindaklanjuti laporan terhadap Edy Mulyadi atas dugaan penghinaan. Laporan tersebut dilayangkan oleh persatuan pemuda Dayak dan sejumlah kelompok pemuda lintas agama di Kaltim. (Kaylina Ivani)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id