comscore

Sepekan, 16 Ribuan WNI Melancong ke Luar Negeri Melalui Bandara Soetta

Hendrik Simorangkir - 30 Desember 2021 14:37 WIB
Sepekan, 16 Ribuan WNI Melancong ke Luar Negeri Melalui Bandara Soetta
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom/ Hendrik
Tangerang: Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, mencatat 16.939 warga negara Indonesia (WNI) meninggalkan Indonesia pada periode 22-29 Desember 2021. Menurut data, puluhan ribu penumpang itu untuk menjalani bisnis dan wisata. 

"Untuk keberangkatan WNI dari Bandara Soekarno-Hatta menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, kebanyakan dalam rangka bisnis dan wisata," ujar Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Kantor Imgirasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta Verico Sandi, Kamis, 30 Desember 2021.
Verico menambahkan, alasan pendidikan juga jadi faktor lainnya dari puluhan ribu penumpang internasional yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. 

"Ada beberapa pelajar yang menempuh pendidikan menuju ke negara lain, dalam perjalanan menjelang Natal dan Tahun Baru ini," ucap dia.

Sementara, Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Kantor Imgirasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Habiburrahman, mengatakan pada periode sama terdapat juga 17.833 WNI yang datang ke Indonesia dari luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca: Kapolri Minta Petugas Perketat Mengawasi Masa Karantina

Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) yang tiba ke Indonesia berjumlah 4.184 penumpang, dan WNA yang pergi keluar negeri dari Bandara Soekarno-Hatta tercatat ada 4.580 orang.

"Sehingga total penumpang WNI dan WNA internasional yang datang ke Indonesia di tanggal tersebut berjumlah 22.017 orang dan 21.519 orang untuk keberangkatan internasional," kata Habiburrahman.

Terdapat lima negara yang menjadi penyumbang penumpang internasional terbanyak masuk Bandara Soekarno-Hatta. Seperti Tiongkok sebanyak 512 orang, Jepang 468 orang, Korea Selatan 395 orang, India 340 orang, dan Rusia 339 orang. 

"Kemudian, ada lima negara tujuan paling favorit selama Desember 2021, yaitu Tiongkok 581 orang, Jepang 567 orang, Korea Selatan 375 orang, Thailand 229 orang, Malaysia 225 orang," jelasnya.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id