Harga Bahan Pokok di Papua Naik Menjelang Natal

    Roylinus Ratumakin - 03 Desember 2019 18:49 WIB
    Harga Bahan Pokok di Papua Naik Menjelang Natal
    Kepala BPPP Kementerian Perdagangan, Kasan saat melakukan sidak bahan makanan pokok di Pasar Sentral Hamadi, Kota Jayapura. Medcom.id/Roy Ratumakin
    Jayapura: Harga sebagian kebutuhan bahan pokok (bapok) menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mengalami kenaikan. Kenaikan harga mulai terlihat di Pasar Sentral Hamadi Jayapura, Selasa, 3 Desember 2019.

    "Rata-rata kenaikan Rp5ribu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, dan cabe keriting," kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan, Kasan, di Jayapura, Selasa, 3 Desember 2019.

    Kasan menjelaskan beberapa kebutuhan pokok masih stabil, salah satunya harga ayam beku dari Surabaya dan ayam lokal harganya stabil.

    Untuk memantau kenaikan harga menjelang perayaan Natal, BPPP akan menempatkan tim dari Pusat di Papua untuk terus memantau harga bapok.

    "Tim ini akan bekerja sama dengan tim yang ada di daerah. Tujuannya adalah untuk berkomunikasi dengan distributor maupun Bulog serta dengan Satgas Pangan," jelas Kasan.

    Menurut Kasan pihaknya akan berupaya menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

    "Hasil pantauan menunjukkan harga bapok di Provinsi Papua, khususnya Kota Jayapura pada umumnya terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ungkap Kasan.

    Dikatakan Kasan pada umumnya, kenaikan harga bapok tersebut kerap terjadi setiap tahun pada HBKN. Untuk itu pihaknya mengantisipasi khususnya di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal serta daerah penyumbang inflasi tinggi. Salah satunya, dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

    "Pemda harus membantu memantau dan melaporkan hambatan distribusi bapok, seperti kerusakan jalan atau hambatan lain yang dapat mengganggu kelancaran distribusi," pungkas Kasan.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id