Penyakit Kusta Muncul Tiap Tahun di Bandung

    Roni Kurniawan - 28 Januari 2020 15:13 WIB
    Penyakit Kusta Muncul Tiap Tahun di Bandung
    Penderita kusta Sadiman (71 tahun), termenung di pintu bangsal, di Rumah Sakit Kusta Dr. Sitanala, Tangerang, Banten, Rabu (13/2). FOTO ANTARA/Ujang Zaelani
    Bandung: Dinas Kesehatan Kota Bandung terus memantau pergerakan penyakit kusta yang menyebar di masyarakat. Bahkan setiap tahun penyakit tersebut kerap muncul di Bandung dan menjadi perhatian besar Dinas Kesehatan.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Rosye Arosdiani, mengatakan terdapat tiga warga Bandung terjangkit penyakit kusta pada 2019. Jumlah tersebut diakui Rosye sangat sedikit dibandingkan daerah lainnya yang mencapai ratusan.

    "Dalam satu tahun itu selalu ada, tapi tidak banyak. Tahun kemarin saja (2019) ada sekitar tiga orang penderita kusta," kata Rosye di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa, 28 Januari 2020.

    Rosye menjelaskan tiga warga tersebut yang melakukan pemeriksaan ke puskesmas yang ada di kewilayahan. Dinkes Kota Bandung pun akan terus menyusuri guna memastikan warga terhindar dari kusta.

    "Itu yang sudah memeriksakan ke petugas kesehatan. Kita akan terus kasih penyuluhan kepada warga, karena mayoritas mereka tidak tahu ciri-ciri penyakit ini," jelas Rosye.

    Rosye pun mengaku akan lebih menggiatkan petugas kesehatan di setiap puskesmas untuk mengajak warga memeriksakan kulit. Pasalnya warga masih minim informasi mengenai penyakit kusta yang dianggap penyakit kulit biasa.

    "Awalnya bercak dulu, biasanya satu area dulu, kemudian yang membedakannya kusta itu mati rasa. Jadi jika ada warga yang mengalami bercak-bercak pada kulitnya, lebih baik langsung diperiksa, dan kita akan segera lakukan pencegahan," pungkas Rosye.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id