Pembunuh Hakim Medan Terancam Hukuman Mati

    Antara - 08 Januari 2020 15:17 WIB
    Pembunuh Hakim Medan Terancam Hukuman Mati
    Tersangka pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin. Foto: . Foto: ANT/SEPTIANDA PERDANA
    Medan: Tiga tersangka pembunuhan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jamaludiin, yakni ZH, 41; JF, 42; dan RF, 29 ditangkap. Mereka diancam hukuman mati atau penjara seumur hidup. 

    Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin menegaskan pelaku melanggar Pasal 340 sub Pasal 338 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1e, 2e KUHP. Pasal 340 KUHP berbunyi Barangsiapa dengan sengaja dan dengan direncanakan lebih dahulu menghilangkan nyawa orang lain, dihukum karena pembunuhan direncanakan (moord), dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup atau penjara sementara selama-lamanya dua puluh tahun.

    "Ketiga tersangka tersebut melanggar Pasal 338 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," ujar Martuani di Mapolda Sumut, Rabu, 8 Januari 2020. 

    Dia menerangkan kasus pembunuhan terhadap Jamaluddin telah direncanakan ketiga tersangka. Otak pelaku pembunuhan adalah istri korban yakni tersangka ZH. 

    "Motif dari pembunuhan itu adalah masalah rumah tangga, karena antara korban dengan tersangka ZH sering terjadi cekcok," jelasnya.

    Martuani menjelaskan pertengkaran kerap terjadi antara korban dengan ZH. Kemudian tersangka ZH meminta bantuan JF dan RF untuk membunuh korban. 

    Korban Jamaluddin dihabisi di dalam rumahnya di Komplek Perumahan Royal Monaco Blok B No 22 Medan Johor, Kota Medan, pada 29 November 2019, sekira pukul 03.00 WIB. Jamaluddin dibunuh dengan cara dibekap menggunakan sarung bantal dan bed cover. 

    "Korban tersebut dibunuh dengan cara dibekap bagian hidung dan mulut korban dengan menggunakan kain (sarung bantal) hingga lemas dan akhirnya meninggal dunia," jelasnya.

    Jamaluddin ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di sebuah jurang di Dusun II Namo Rindang, Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat, 29 November 2019. Korban ditemukan warga di dalam mobil berpelat BK 77 HD warna hitam.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id