Ribuan Pengungsi di Lembata NTT Tersebar di 10 Titik

    Media Indonesia.com - 08 April 2021 06:22 WIB
    Ribuan Pengungsi di Lembata NTT Tersebar di 10 Titik
    Lansia digotong keluarganya mengungsi ke posko terdekat, sebanyak 1.557 korban banjir bandang di Lembata tersebar di 10 posko pengungsi. (Foto: MI/Alexander)



    Lembata: Sebanyak 1.557 warga Ile Ape dan Ile Ape Timur mengungsi akibat banjir bandang yang melanda Kabupaten Lembata pada Minggu dini hari, 4 April 2021.

    Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Rabu, 7 April 2021, disebutkan, para pengungsi kini menempati 10 posko pengungsian yang disiapkan pemerintah. Namun ada pula yang mengungsi ke rumah keluarga.






    Di posko pengungsian Kantor Lurah Lewoleba Timur, 91 orang; Kantor Lurah Lewoleba Tengah, 83; Kantor Lurah Selandoro, 34; Kantor Camat Ile Ape, 148; Kantor BKD-PSDM, sembilan orang korban cedera; Kantor Camat Nubatukan, 57; SMPN Ile Ape Timur, 550; SMPN 1 Nubatukan, 300; MIS Wangatoa, 78; dan SMP Santo Pius, 181.

    Baca juga: 506 Pasien Covid-19 di Belitung Timur Sembuh

    Ada sebanyak 25 warga desa Lamagute yang mengungsi ke rumah kerabatnya. Totalnya ada 1.532 pengungsi berada di posko pemerintah.

    Jumlah pengungsi diperkirakan bertambah karena banyak yang melakukan evakuasi mandiri ke kebun dan rumah kerabat. Meski Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur mengamini arahan Kepala BNPB, Doni Monardo agar warga terdampak bisa mengungsi di rumah keluarga dan kenalan guna menerapkan prokes cegah covid-19, namun langkah tersebut belum dilaksanakan.

    "Biaya sewa rumah dan kebutuhan pengungsi semuanya akan ditanggung oleh pemerintah, Rp500 ribu per bulan," kata Eliaser Yentji. (Alexander P Taum)


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id